Pemain Ini Terinspirasi Dari Kevin Sanjaya dan Hendra Setiawan

Penulis: Yusuf Efendi
Senin 20 Apr 2020, 11:30 WIB
Pemain Ini Terinspirasi Dari Kevin Sanjaya dan Hendra Setiawan

Tomas Svejda-Jaromir Janacek/[Foto:Badmintoneurope]

Berita Badminton : Tomáš Švejda adalah salah satu dari pemain ganda putra teratas di Republik Ceko, bersama pasangannya Jaromir Janacek. Berada di peringkat 74 dunia, Švejda yang baru berusia 18, memberi kita wawasan tentang di mana dia berada sekarang dan masa depan bulu tangkis Ceko.

Tahun ini melihat Švejda dan Janacek mencapai semifinal di seberang perbatasan di Slovak Open, mengakhiri dua tahun terakhir yang sibuk.

"Banyak yang telah terjadi dalam dua tahun terakhir dan saya tidak bisa memilih satu momen pun. Tetapi hampir tepat dua tahun yang lalu, saya memulai kemitraan dengan mitra ganda saya Jaromír Janáček dan bersama dengan pelatih kami, Radek Votava kami mulai sepenuhnya fokus pada ganda," kata Svejda.

"Bagi saya, ini juga mengarah pada keputusan logis dengan pelatih saya, untuk mengabdikan diri sepenuhnya di level senior, meskipun saya masih seorang junior. Saya sudah bermain bulu tangkis sejak saya berumur 10 tahun, dan keputusan ini telah banyak membantu saya. Sekarang saya melihat bagaimana keputusan ini segera membuka jalan bagi saya di bulu tangkis senior," ungkapnya.

Meskipun usianya masih muda, Švejda telah merangkak naik dan tampaknya menempa jalan yang jelas ke atas. Ada beberapa tonggak sejarah penting yang telah dia tandai, Švejda menjelaskan ini.

"Saya sangat menghargai kualifikasi yang sukses untuk Olimpiade Eropa di Minsk dan Kejuaraan Dunia di Basel tahun lalu. Namun, kami berada pada tahap di mana kami harus memainkan sebanyak mungkin pertandingan bagus secara internasional. Itu sebabnya kami juga memainkan lebih banyak turnamen Future Series, di mana kami berhasil mendapatkan beberapa hasil medali, termasuk kemenangan turnamen di Lithuanian International 2018 dan Slovenian Future Series 2019. Kami juga berhasil memenangkan kejuaraan nasional dua kali," katanya.

Memiliki pemain yang berpengalaman di usia muda menuai manfaat di masa depan, dan Švejda memahami ini dengan baik. Kebanggaannya pada apa yang dia lakukan jelas terlihat.

"Kami adalah negara kecil, tetapi dengan banyak pemain berkualitas yang sukses di turnamen internasional. Kami tidak memiliki fasilitas pelatihan, sparring dan sistem keseluruhan seperti di negara-negara Eropa teratas, tapi saya pikir itu tergantung pada masing-masing pemain dan pelatih untuk memutuskan seberapa baik mereka ingin menjadi dan apa yang akan mereka lakukan. Republik Ceko telah membuat langkah besar ke depan dalam beberapa tahun terakhir, dan masih ada hal-hal yang tidak berhasil dan kadang-kadang itu tidak mudah bagi pemain ganda. Meski begitu, saya percaya kami bisa menjadi salah satu negara Eropa terbaik. Saya bangga mewakili Republik Ceko!" Svejda menambahkan.

Pemain sering memiliki panutan lain yang masih bermain di turnamen yang mereka kagumi dan terinspirasi olehnya.

"Inspirasi besar saya adalah ganda putra Indonesia. Kecepatan, kreativitas, dan relaksasi mereka yang luar biasa adalah sesuatu yang patut dilihat. Pemain favorit saya adalah Kevin Sanjaya Sukamuljo dan Hendra Setiawan. Musim panas lalu, kami berada di pusat pelatihan Indonesia, PB Jaya Raya dan memiliki kesempatan untuk berlatih dengan pasangan yang baik. Ini adalah pengalaman hebat bagi saya, dan saya mengambil banyak dari itu," tegas Svejda.

Artikel Tag: Tomas Svejda, hendra setiawan, Kevin Sanjaya Sukamuljo, Ceko

1123  
Komentar

Terima kasih. Komentar Anda sudah disimpan dan menunggu moderasi.

Nama
Email
Komentar
160 karakter tersisa

Belum ada komentar.

Jadilah yang pertama berkomentar disini