Pemain Ini Sudah Pasti Dapat Tempat di Skuad Piala Thomas

Penulis: Yusuf Efendi
Rabu 12 Agu 2020, 19:00 WIB
Pemain Ini Sudah Pasti Dapat Tempat di Skuad Piala Thomas

Victor Axelsen-Lee Zii Jia/[Foto:Thestar]

Berita Badminton : Posisi pemain peringkat 10 dunia, Lee Zii Jia di skuad Piala Thomas tim nasional tidak akan terpengaruh, bahkan jika hasil dari Kejuaraan Internal BAM pada minggu ini tidak menguntungkannya.

Pelatih kepala tunggal putra tim nasional asal Indonesia, Hendrawan menilai, turnamen internal tidak boleh dijadikan tolak ukur bagi pemain berusia 22 tahun asal Kedah itu yang sudah membuktikan diri selama setahun terakhir ini.

Sebaliknya, Hendrawan menantikan untuk melihat bagaimana Zii Jia mengatasi tekanan bermain melawan rekan satu timnya sendiri, yang menurut pelatih Indonesia lebih sulit daripada menghadapi lawan di luar tim nasional.

“Saya sempat berbicara dengan Zii Jia, saya tidak ingin dia terlalu mementingkan faktor eksternal tapi malah bermain untuk dirinya sendiri," kata Hendrawan.

"Dari segi kondisi, dia baik-baik saja, tetapi secara mental? Dia mungkin berpikir bahwa orang akan mengkritiknya jika dia kalah dari rekan setimnya yang berperingkat lebih rendah, tetapi izinkan saya memberi tahu Anda hal ini, memainkan rekan satu tim Anda sendiri lebih sulit daripada yang Anda pikirkan. Anda bermain melawan pemain yang mereka tahu permainan Anda lebih baik daripada orang lain."

"Saya tidak ingin Zii Jia bermain di bawah tekanan. Mari kita hadapi itu, hasil turnamen ini tidak akan mengubah apa pun untuk Zii Jia sejauh menyangkut Piala Thomas. Semua orang tahu ini," ungkap Hendrawan kemarin di Akademi Bulu Tangkis Malaysia.

Sementara Zii Jia mungkin telah mengamankan tempatnya di skuad Piala Thomas, tiga tempat lagi masih diperebutkan.

Di antara mereka yang memperebutkan tempat yang didambakan adalah pemain nomor 2 nasional, Cheam June Wei, pemain veteran, Liew Daren, Soong Joo Ven, mantan juara Asia junior, Leong Jun Hao dan tiga pemain muda, Ng Tze Yong, Aidil Sholeh Ali Sadikin, Lim Chong King, yang diperkirakan akan menjadi bintang masa depan Malaysia.

Hendrawan mengaku sangat senang dengan pertarungan langka antara Zii Jia melawan peraih medali perunggu Kejuaraan Dunia 2018, Liew Daren.

"Ya, Daren sejauh ini merupakan pemain yang lebih berpengalaman dalam pertarungan tersebut, tetapi Zii Jia bukanlah pemain yang sama dari masa lalu," katanya.

"Saya senang melihat bagaimana mereka cocok satu sama lain karena saya tidak berpikir mereka pernah bermain satu sama lain sebelumnya dalam turnamen resmi. Tapi yang terpenting, saya ingin melihat seberapa cepat para pemain bisa beradaptasi dengan situasi," Hendrawan menambahkan.

Covid-19 telah membuat semua orang kehilangan permainan mereka dan Kejuaraan Internal ini akan menjadi turnamen pertama mereka dalam beberapa bulan.

"Ini adalah yang terlama mereka tanpa bermain di satu kompetisi pun. Untuk seseorang seperti Zii Jia, ini semua tentang ketenangan dan fokus," jelas Hendrawan.

Kejuaraan Internal, yang menawarkan total hadiah uang sebesar RM60.000 atau berkisar 210 juta rupiah, akan dimulai hari ini (12/8) dan berakhir pada hari Minggu.

Artikel Tag: Lee Zii Jia, Daren Liew, hendrawan

1131  
Komentar

Terima kasih. Komentar Anda sudah disimpan dan menunggu moderasi.

Nama
Email
Komentar
160 karakter tersisa

Belum ada komentar.

Jadilah yang pertama berkomentar disini