Norza Zakaria Diapresiasi Mampu Bawa BAM Lebih Mandiri Ditengah Pandemi

Penulis: Yusuf Efendi
Kamis 17 Sep 2020, 19:00 WIB
Norza Zakaria Mampu Bawa BAM Lebih Mandiri

Lee Chong Wei-Norza Zakaria/[Foto:NST]

Berita Badminton : Tan Sri Norza Zakaria, presiden dari Federasi Badminton Malaysia (BAM), adalah salah satu pembawa jabatan yang sangat cerdik.

Terlepas dari keadaan suram yang diakibatkan oleh pandemi Covid-19, Norza sudah merencanakan ke depan untuk memastikan BAM akan berdiri dengan baik secara finansial.

Dua pendukung terbesar mereka saat ini adalah produsen peralatan olahraga Victor dan penyedia jaringan Celcom Axiata.

Dengan Victor, BAM memiliki kontrak enam tahun senilai RM60 juta atau berkisar 215 miliar rupiah yang berlaku hingga 2021, sementara kontrak empat tahun RM34 juta atau berkisar 123 miliar rupiah dengan Celcom Axiata akan berakhir tahun ini.

Tentu tidak ada waktu untuk disia-siakan karena Norza terlihat menjamu presiden Asosiasi Kamar Dagang dan Industri China-Malaysia (ACCCIM) Tan Sri Ter Leong Yap di Akademi Bulu Tangkis Malaysia (ABM) pada hari Selasa.

Leong Yap dan rombongannya dibawa untuk tur di sekitar pusat pelatihan tim nasional canggih yang menampung lebih dari 120 pemain termasuk skuad junior.

Norza dengan sigap mengungkapkan bahwa ia terus mengundang rekan bisnis ke ABM dengan harapan dapat mengikat mereka untuk menjadi mitra.

“Sebagai presiden BAM, saya harus mencari cara untuk menghasilkan uang,” kata Norza Zakaria.

“Ada banyak cara untuk melakukannya, menguangkan fasilitas kami adalah salah satunya. Kami mencoba membuat perusahaan korporat ikut serta, bisa dalam bentuk mensponsori lapangan atau hak penamaan gedung."

“Jadi saya mengundang teman-teman saya dan menunjukkan kepada mereka apa yang kami miliki. Kami bukan lagi hanya tim nasional dengan tim senior dan cadangan, kami juga memiliki junior yang semuanya ditempatkan di bawah satu atap di ABM," ungkap Norza Zakaria.

“Kami bahkan menunjukkan kelas-kelas tempat anak-anak melakukan homeschooling di sini. Sebagai presiden ACCCIM, Tan Sri Ter (Leong Yap) memiliki koneksi yang baik dengan banyak pengusaha, semoga bisa membantu kami."

"Di masa-masa sulit ini, sangat penting bagi kami untuk mencoba mendapatkan lebih banyak sponsor swasta dan mengurangi ketergantungan pada pendanaan dari pemerintah," Norza Zakaria menambahkan.

Norza telah menekankan pentingnya BAM memiliki neraca keuangan yang sehat jika mereka bercita-cita untuk menjadikan Malaysia sebagai kekuatan bulutangkis utama sekali lagi.

Artikel Tag: Norza Zakaria, bam, badminton

412  
Komentar

Terima kasih. Komentar Anda sudah disimpan dan menunggu moderasi.

Nama
Email
Komentar
160 karakter tersisa

Belum ada komentar.

Jadilah yang pertama berkomentar disini