Meski Belum Pulih, Juara Dunia Ini Tetap Diprioritaskan Untuk Piala Uber

Penulis: Yusuf Efendi
Sabtu 08 Agu 2020, 21:00 WIB
Meski Belum Pulih, Juara Dunia Ini Tetap Diprioritaskan Untuk Piala Uber

Goh Jin Wei/[Foto:NST]

Berita Badminton : Kabar buruk bagi pebulutangkis tunggal putri Goh Jin Wei adalah bahwa dia pasti keluar dari Kejuaraan Internal BAM pada minggu depan. Namun, penghibur bagi mantan juara dunia junior itu adalah bahwa dia masih bersaing untuk masuk ke dalam skuad kejuaraan Piala Uber.

Pemain asal Penang, Jin Wei telah mengalami masalah kebugaran yang sama karena dia belum kembali ke pelatihan penuh meskipun baru pulih dari operasi kolonoskopi tahun lalu.

Sebelum operasi, mantan juara SEA Games itu absen selama hampir setengah tahun sebelum kembali pada Januari. Dan bahkan itu adalah kegembiraan yang berumur pendek karena dia hanya berkompetisi di dua turnamen yakni Thailand Masters pada bulan Januari dan Kejuaraan Beregu Asia di Manila pada bulan Februari sebelum pandemi Covid-19 mempersingkat segalanya.

Hal itu tentu saja memengaruhi peringkat Jin Wei karena ia telah merosot ke peringkat 138 dunia dari peringkat tertinggi dalam kariernya di peringkat 25 dunia.

Dan itu tidak bisa menjadi lebih buruk untuk Jin Wei setelah direktur pelatih BAM Wong Choon Hann secara resmi mengeluarkannya dari turnamen internal BAM minggu depan.

Ini merupakan perkembangan yang cukup mengkhawatirkan karena tidak banyak waktu untuk Jin Wei sebelum kejuaraan Piala Thomas dan Uber berlangsung di Odense, Denmark pada 3-11 Oktober.

“Sebenarnya Jin Wei tidak dalam kondisi yang buruk tapi dia tidak akan bermain di kompetisi minggu depan karena dia masih dalam fase recovery dan intensitas latihannya belum 100 persen,” ujar Choon Hann.

"Saat ini, kemampuan cakupan lapangannya sekitar 50 atau 60 persen dan dia mengalami sedikit ketidaknyamanan di kakinya jadi kami memantau situasi dan mengambil tindakan pencegahan."

"Dan salah satu hal yang kami kerjakan adalah meningkatkan daya ledaknya di lapangan dan menurunkan risiko cederanya. Meskipun dia tidak akan berkompetisi dalam kompetisi internal ini dan akan kehilangan kesempatan untuk membangun kebugaran pertandingan, dia masih dalam rencana kami untuk Piala Uber," ungkap Choong Hann.

"Masih ada lima atau enam minggu lagi sebelum kami diminta untuk mengirimkan daftar nama, jadi kami akan terus menilai dan dia juga harus siap juga," tambahnya.

Meskipun situasinya suram bagi Jin Wei, Choon Hann mendukungnya untuk kembali bugar tepat waktu.

"Sejujurnya dia pernah mengalami cedera yang lebih parah. Ini sebenarnya hanya kemunduran kecil baginya karena dia telah menghadapi kekecewaan yang lebih besar sebelumnya."

"Bagaimanapun, dia adalah pemain yang menikmati kesempatan besar dan dia cukup berpengalaman untuk melewati ini," jelas mantan pemain peringkat 1 dunia itu.

Artikel Tag: Goh Jin Wei, Soniia Cheah, Piala Uber 2020

997  
Komentar

Terima kasih. Komentar Anda sudah disimpan dan menunggu moderasi.

Nama
Email
Komentar
160 karakter tersisa

Belum ada komentar.

Jadilah yang pertama berkomentar disini