Menurut Lee Chong Wei, Lin Dan Adalah Motivator Terbaik Bagi Dirinya

Penulis: Yusuf Efendi
Minggu 05 Jul 2020, 12:30 WIB
Menurut Lee Chong Wei, Lin Dan Adalah Motivator Terbaik Bagi Dirinya

Lee Chong Wei-Lin Dan/[Foto:Thestar]

Berita Badminton : “Dari tak ada rambut, tumbuh rambut, sampai tanggal rambut (“ dari tidak berbulu hingga kemudian menjadi botak ”), begitulah legenda Malaysia Lee Chong Wei menggambarkan hubungannya dengan sesama bintang bulu tangkis, Lin Dan, yang telah berhenti setelah 20 tahun berkarir.

Keduanya telah menjadi saingan dan teman dari hari-hari mereka sebagai junior dan Chong Wei memberikan penghormatan kepada Lin Dan dengan cara yang lucu di Facebook, berbagi foto persahabatan awal mereka ketika keduanya masih muda.

Duo ini kemudian bertempur di banyak pertempuran sengit di kancah bulu tangkis dunia. Lin Dan memenangkan 28 dari 40 pertemuan melawan Chong Wei, yang bertanggung jawab atas empat kesalahan besar terakhir di Olimpiade dan Kejuaraan Dunia.

Tidak hanya pertarungan Lin Dan vs Chong Wei untuk emas Olimpiade di Beijing 2008 dan London 2012, ia juga mematahkan hati legenda Malaysia itu di dua Kejuaraan Dunia di London 2011 dan Guangzhou 2013.

Dari duel pertama mereka di kualifikasi Piala Thomas di Kuala Lumpur pada 2004 hingga pertandingan terakhir mereka di perempat final All England Open 2018, setiap bentrokan antara Chong Wei dan Lin Dan merupakan pertunjukan memikat lapangan dan stadion yang ada di liga mereka sendiri.

Pengunduran diri Lin Dan dari tim nasional China berarti ia tidak akan bersaing di Olimpiade Tokyo tahun depan dan Chong Wei melihatnya sebagai kerugian besar bagi olahraga. Tidak mengherankan, mengingat pemain kidal itu memiliki lima gelar juara dunia, dua medali emas Olimpiade dan secara luas dianggap sebagai pemain bulu tangkis terbaik yang pernah ada.

“Saya tahu hari ini akan datang. Tidak mudah untuk mengambil keputusan (pensiun). Anda telah memutuskan untuk mundur dengan anggun, melakukannya satu tahun setelah saya memilih untuk pensiun," kata Chong Wei.

"Saya bangga mengetahui Anda sebagai lawan yang hebat di lapangan dan juga sebagai teman," ungkap Chong Wei, yang pensiun pada Juni tahun lalu setelah pertempuran dengan kanker hidung.

Kedua pemain memiliki hasrat yang sama terhadap mobil cepat dan memiliki mantan pemain tunggal bulu tangkis sebagai istri mereka. Chong Wei menikah dengan mantan juara Cina Open, Wong Mew Choo sementara Lin Dan mengikat ikatan dengan mantan juara dunia, Xie Xingfang pada 2012.

“Saya sudah mengenalnya sejak masa junior kami. Saya kehilangan banyak pertempuran penting di lapangan tetapi saya tidak menyesal,” kata Chong Wei.

"Anda benar-benar raja dalam pertempuran yang kami lawan," Chong Wei, peraih medali perak Olimpiade tiga kali, mengatakan kepada saingannya, yang ia yakini sebagai penyebab dirinya sendiri naik ke level paling atas.

“Lin Dan selalu ada di kepalaku ketika saya kembali berlatih setelah setiap kekalahan. Saya tahu jika saya ingin memenangkan turnamen penting, saya harus mengalahkannya. Saya tidak bisa santai. Bahkan ketika saya kram, saya memberi tahu pelatih saya bahwa saya ingin melanjutkan pelatihan karena Lin Dan sedang menunggu saya. Saya memikirkannya sepanjang waktu,” tambahnya.

Mantan pemain hebat asal Denmark, Peter Gade Christensen, yang bersama Lin Dan, Chong Wei dan Taufik Hidayat asal Indonesia membentuk Empat Raja bulu tangkis, juga memberikan penghormatan kepada pemain China itu, dengan mengatakan itu adalah hak istimewa untuk melawannya dalam banyak kesempatan.

“Saya benar-benar merasa terhormat telah bermain dengannya berkali-kali. Dia yang terakhir dalam kelompok kami yang pensiun,” kata Peter Gade.

Gade, juga mantan pemain nomor satu dunia, dan Taufik pensiun pada 2012.

“Lin Dan mungkin adalah pemain terbaik sepanjang masa, setidaknya di era baru. Dia telah menjadi atlet yang luar biasa dan duta besar yang baik untuk olahraga kami. Kami beruntung memilikinya dalam olahraga ini,” jelasnya.

Artikel Tag: lee chong wei, lin dan, olimpiade, Peter Gade, taufik hidayat

1350  
Komentar

Terima kasih. Komentar Anda sudah disimpan dan menunggu moderasi.

Nama
Email
Komentar
160 karakter tersisa

Belum ada komentar.

Jadilah yang pertama berkomentar disini