Menantikan Penampilan Onfire Lee Zii Jia di Tour Eropa

Penulis: Yusuf Efendi
Selasa 05 Mar 2024, 02:30 WIB
Menantikan Penampilan Onfire Lee Zii Jia di Tour Eropa

Lee Zii Jia-Kunlavut Vitidsarn/[Foto:BWF]

Ligaolahraga.com -

Berita Badminton : Ada sesuatu dalam diri Lee Zii Jia saat berkompetisi di ajang World Tour di Eropa.

Sejak tahun 2020, pemain peringkat 10 dunia itu telah bermain 17 kali di tujuh turnamen berbeda di benua ini, dan finis tidak lebih buruk dari semifinal dalam 11 kesempatan.

Lee Zii Jia mengubah dua dari lima final menjadi kemenangan, memenangkan All England pada tahun 2021 dan Arctic Open tahun lalu di Finlandia tahun lalu.

Oleh karena itu, akan menarik untuk melihat apakah Zii Jia dapat meniru performa luar biasa itu ketika ia kembali ke Tur Dunia, dimulai dengan French Open besok.

Lee Zii Jia, yang juga dijadwalkan berlaga di All England minggu depan dan Swiss Open (19-24 Maret), masih harus membuktikan banyak hal setelah awal yang sederhana di musim baru.

Ia berhasil mengalahkan pemain seperti Jonatan Christie dari india dan Kidambi Srikanth dari India untuk mencapai perempat final India Open dan india Masters pada bulan Januari, namun hasil ini tentu saja tidak cukup baik untuk pemain sekalibernya.

Zii Jia juga memainkan perannya untuk membantu Malaysia menempati posisi kedua di Kejuaraan Beregu Asia bulan lalu dengan memenangkan ketiga pertandingannya, namun ia nyaris tidak diuji, karena kemenangannya yang paling menonjol adalah melawan peringkat 11 dunia Kenta Nishimoto.

Setelah lolos ke Olimpiade, Zii Jia akan mengalihkan perhatiannya untuk meningkatkan peringkat dunianya dan mencoba masuk ke delapan besar untuk menjadi unggulan yang bagus untuk Olimpiade Paris pada bulan Agustus.

Meski jumlah pemain unggulan di Olimpiade bisa mencapai 16 orang, tetap penting bagi Zii Jia untuk berusaha masuk delapan unggulan teratas.

Hal ini dapat membantunya menghindari potensi bentrokan dengan pesaing utama seperti Viktor Axelsen dari Denmark atau Shi Yu Qi dari Tiongkok di babak 16 besar, jika ia lolos dari babak penyisihan grup.

Dengan defisit poin yang memisahkan Lee Zii Jia dari posisi kedelapan, yang saat ini ditempati oleh juara dunia Thailand Kunlavut Vitidsarn, tidak signifikan, ada banyak peluang bagi Zii Jia untuk menembus delapan besar mulai minggu ini.

Dengan perolehan poin yang cukup besar di ajang Super 750 pekan ini, Zii Jia bisa naik ke posisi delapan besar dengan mencapai final. Namun peluangnya besar melawan Zii Jia, dengan peringkat 2 dunia Yu Qi menghalangi jalannya di babak kedua.

Lawan penting lainnya di pool yang sama adalah peringkat 3 dunia Anders Antonsen dari Denmark dan peringkat 6 Kodai Naraoka dari Jepang, keduanya sulit diatasi oleh Zii Jia.

Bersamaan dengan All England, dua turnamen berikutnya akan memberi Zii Jia kesempatan untuk membuat pernyataan, dan jika ia berhasil, itu akan menempatkannya kembali ke dalam tim.

French Open juga berfungsi sebagai platform bagi pemain Malaysia lainnya untuk membangun kembali kehadiran mereka di kancah internasional.

Artikel Tag: Lee Zii Jia, French Open 2024, viktor axelsen, Kunlavut Vitidsarn

Published by Ligaolahraga.com at https://www.ligaolahraga.com/badminton/menantikan-penampilan-onfire-lee-zii-jia-di-tour-eropa
512  
Komentar

Terima kasih. Komentar Anda sudah disimpan dan menunggu moderasi.

Nama
Email
Komentar
160 karakter tersisa

Belum ada komentar.

Jadilah yang pertama berkomentar disini