Mayoritas Pemain Top Dunia Akan Berlaga di Kejuaraan Bulu Tangkis Asia 2022

Penulis: Yusuf Efendi
Selasa 19 Apr 2022, 14:30 WIB
Mayoritas Pemain Top Dunia Akan Berlaga di Kejuaraan Bulu Tangkis Asia 2022

Aaron-Wooi Yik-Ahsan-Hendra/[Foto:Thestar]

Ligaolahraga.com -

Berita Badminton : Kejuaraan Bulu Tangkis Asia 2022 berhasil mempertahankan gengsinya. Hampir seluruh pebulutangkis terbaik di benua itu akan mengikuti ajang yang akan digelar di Manila, Filipina pada 26 April hingga 1 Mei mendatang.

Di tunggal putra, Kento Momota asal Jepang adalah mantan pemain nomor satu dunia. Lalu, ada Akane Yamaguchi yang menduduki peringkat kedua tunggal putri. Di ganda putra, ada pasangan senior Indonesia Hendra Setiawan/Mohammad Ahsan yang kini menempati peringkat dua dunia.

Selain itu, ada juga ganda putri Chen Qing Chen/Jia Yi Fan asal Tiongkok yang juga peraih medali perak Olimpiade Tokyo 2020. Begitu juga di ganda campuran dengan hadirnya peringkat dua dunia yang juga peraih medali perak Olimpiade Tokyo 2020 Zheng Si Wei/Huang Yaqiong.

Namun, seperti yang telah kita lihat berkali-kali, peringkat teratas bukanlah jaminan bahwa mereka dapat dengan mudah melaju ke final dan menjadi juara  Kejuaraan Bulu Tangkis Asia 2022.

Di tunggal putra, misalnya. Kento Momota mungkin menempati unggulan teratas. Tapi, belakangan ini, dia belum berada di puncak performanya. Pada tahun 2022, Kento Momota sudah mengikuti dua turnamen. Namun, hasilnya tidak begitu bagus. Di German Open, ia langsung kalah dari rekan senegaranya, Kenta Nishimoto, 21-23, 9-21. Kemudian di ajang bergengsi All England seminggu kemudian, Kento Momota kembali menyerah dari andalan Malaysia, Lee Zii Jia di perempat final dalam pertandingan tiga game 7-21, 21-13 dan 11-21. Zii Jia kembali bisa menjadi tantangan serius bagi Kento Momota di Manila.

Namun perlu diingat juga ada Anthony Sinisuka Ginting dan Jonatan Christie dari Indonesia serta Loh Kean Yew dari Singapura. Meski Ginting terlihat menurun, jika dia kembali pada teknik terkuatnya, dia pasti sulit dikalahkan. Sementara itu, Jonatan Christie saat ini sedang on fire setelah berhasil mencapai final di dua turnamen terakhir, Swiss Open dan Korea Open 2022.

Absennya pemain nomor satu dunia asal Taiwan, Tai Tzu Ying tak menyurutkan panasnya persaingan di tunggal putri di Kejuaraan Bulu Tangkis Asia 2022. Dua pemain yang diprediksi akan bertemu di final yakni Akane Yamaguchi, Juara Dunia 2021, dan An Seyoung Korea Selatan, pemenang Korea Open 2022 pekan lalu masih harus berjuang keras. Kategori tunggal putri akan memiliki P.V. Sindhu dari India, peraih medali perunggu Olimpiade Tokyo 2020 yang baru saja menjuarai Swiss Open, dan finalis Korea Open 2022 Pornpawee Chochuwong, serta Nozomi Okuhara dari Jepang.

Sementara di ganda putra, Hendra Setiawan/Mohammad Ahsan juga harus tetap waspada. Kemenangan tidak akan datang dengan mudah bagi mereka. Dari undian yang baru diluncurkan Jumat (15/2/2022), jika tidak ada kejutan besar, The Daddies akan menghadapi pasangan Malaysia Aaron Chia/Soh Wooi Yik, pasangan yang mengalahkan Hendra/Ahsan dari perebutan medali perunggu di Olimpiade Tokyo 2020.

Dalam kategori khusus ini, Indonesia patut mendapat perhatian khusus. Meski pasangan nomor satu, Marcus Fernaldi Gideon/Kevin Sanjaya absen, rekan senegaranya yang tangguh akan mengikuti Smart Badminton Asia Championships 2022. Ada Fajar Alfian/Muhammad Rian Ardianto yang mulai menemukan kembali permainan terbaiknya dengan lolos ke babak final di dua turnamen terakhir, Swiss Open dan Korea Open. Ada juga pasangan yang membuat kejutan besar di All England 2022 dengan menjadi juara yakni Muhammad Shohibul Fikri/Bagas Maulana.

Di ganda putri, Chen Qing Chen/Jia Yi Fan diprediksi akan bertemu wakil Korea atau Jepang di babak final Kejuaraan Bulu Tangkis Asia 2022. Pada turnamen-turnamen sebelumnya, mereka tidak memiliki tantangan yang berarti. Tanpa pasangan juara Olimpiade Tokyo 2020 Greysia Polii/Apriyani Rahayu, Chen Qing Chen/Jia Yi Fan sulit dikalahkan.

Namun tidak menutup kemungkinan Chen Qing Chen/Jia Yi Fan bisa bertemu dengan pasangan Jepang Nami Matsuyama/Chiharu Shida yang menjadi juara All England 2022. Pasangan Jepang ini sudah dua kali mengalahkan Chen Qing Chen/Jia Yi Fan dalam enam pertemuan sebelumnya.

Begitu juga di ganda campuran, meski menjadi unggulan kedua, wakil Jepang Yuta Watanabe/Arisa Higashino punya potensi besar untuk menjadi juara. Peluang mereka bahkan lebih besar dari unggulan teratas asal China Zheng Siwei/Huang Ya Qiong. Di kategori ini juga ada pasangan juara All England 2020 Praveen Jordan/Melati Daeva Oktavianti. Hanya saja, dalam dua tahun terakhir, performa mereka tidak stabil. Bahkan di tahun 2022, mereka belum pernah merasakan manisnya menjadi juara.

Artikel Tag: Kejuaraan Bulu Tangkis Asia 2022, China, Indonesia, jepang

Published by Ligaolahraga.com at https://www.ligaolahraga.com/badminton/mayoritas-pemain-top-dunia-akan-berlaga-di-kejuaraan-bulu-tangkis-asia-2022
713  
Komentar

Terima kasih. Komentar Anda sudah disimpan dan menunggu moderasi.

Nama
Email
Komentar
160 karakter tersisa

Belum ada komentar.

Jadilah yang pertama berkomentar disini