Mantan Juara Asia Junior Incar Medali di Olimpiade Paris 2024

Penulis: Yusuf Efendi
Senin 20 Jan 2020, 22:00 WIB
Mantan Juara Asia Junior Incar Medali di Olimpiade Paris 2024

Leong Jun Hao/[Foto:PBSI]

Berita Badminton : Olimpiade Tokyo 2020 masih sekitar enam bulan lagi, tetapi jalan menuju Olimpiade Paris 2024 telah dimulai untuk pemain tunggal putra tim nasional Malaysia, Leong Jun Hao.

Pemain berusia 20 tahun itu percaya ini akan menjadi tahun penting untuk meletakkan dasar baginya untuk mencapai mimpinya menjadi seorang Olimpian setelah kekecewaannya tahun ini. Peluang untuk Olimpiade Tokyo hancur setelah serangkaian cedera panjang sejak Oktober 2018.

Jun Hao disebut-sebut sebagai calon pemain bintang Malaysia berikutnya setelah mengantongi gelar di Kejuaraan Asia Junior dan medali perak di Kejuaraan Dunia Junior pada tahun 2017.

Dia membuat dampak langsung setelah dipromosikan ke tim senior pada Januari 2018, dengan berakhir sebagai runner-up di Thailand Masters dan kemudian memenangkan Finlandia Open 2018 yang merupakan gelar senior pertamanya.

Dia dipanggil untuk memperkuat Malaysia di Piala Thomas di Bangkok pada bulan Mei serta Asian Games di Indonesia pada bulan Agustus 2018.

“Pada waktu itu, saya benar-benar berpikir saya mungkin memiliki kesempatan untuk mengamankan debut Olimpiade, yang merupakan tujuan utama dari semua pemain di dunia," kata Jun Hao.

“Segala sesuatunya terlihat sampai saya mengalami cedera pertama saya (cedera pinggul yang membuatnya absen selama lima bulan)."

"Dua tahun telah berlalu begitu saja setelah serangkaian cedera, tetapi tidak ada yang bisa saya lakukan tentang itu. Untungnya, waktu masih ada di pihak saya. Tapi sudah waktunya untuk bangkit meskipun 2024 masih jauh,” tambah Jun Hao.

Kemunduran kedua Jun Hao, kali ini karena cedera pergelangan kaki, yang membuatnya absen dari Maret hingga Juni tahun lalu.

Setelah gagal mengesankan saat kembali ke kompetisi, Jun Hao menunjukkan tanda-tanda kebangkitan dengan masuk ke semifinal Malaysia International Challenge pada bulan November dan menjadi runner-up di Bangladesh Internasional Challenge pada bulan Desember.

Dia berada di peringkat paling rendah di posisi 654 dunia September lalu, tetapi berhasil naik peringkat 183 dunia berkat dua hasil yang cukup baik di bulan November.

"Saya benar-benar pulih sekarang, dan itu membuat banyak perbedaan untuk bersaing tanpa takut akan memperparah cedera," kata Jun Hao.

“Saya masih harus menjalani rehabilitasi terkadang untuk berjaga-jaga. Saya telah melakukan jauh lebih baik menjelang akhir tahun lalu, tetapi itu tidak akan berarti apa-apa jika saya tidak membangunnya."

“Saya akan mencoba masuk ke 50 besar pertama. Pada akhirnya, saya berharap untuk mulai bermain secara teratur di turnamen World Tour level atas. Jika saya bisa melakukan itu, saya yakin saya berada di jalan yang benar untuk ke Olimpiade Paris," tegas runner-up Kejuaraan Dunia Junior 2017 yang berlangsung di GOR Among Rogo Yogyakarta itu.

Artikel Tag: Leong Jun Hao, Olimpiade Perancis 2024, olimpiade tokyo 2020

1854  
Komentar

Terima kasih. Komentar Anda sudah disimpan dan menunggu moderasi.

Nama
Email
Komentar
160 karakter tersisa

Belum ada komentar.

Jadilah yang pertama berkomentar disini