Malaysia Tak Ambil Bagian di Turnamen Beregu Putri Asian Games 2018

Penulis: Yusuf Efendi
Sabtu 09 Jun 2018, 14:00 WIB
Malaysia Tak Ambil Bagian di Turnamen Beregu Putri Asian Games 2018

Chow Mei Kuan-Lee Meng Yean/[Foto:Thestar]

Ligaolahraga.com -

Berita Badminton : Malaysia tidak dapat berpartisipasi dalam turnamen bulutangkis beregu putri di Asian Games 2018 mendatang untuk pertama kalinya sejak edisi 1998 lalu di Bangkok, karena komite olahraga lebih memilih memberangkatkan para pemain yang berpotensi meraih medali.

Federasi Badminton Malaysia (BAM) telah memutuskan bahwa mereka tidak akan mengirim tim putri secara penuh kecuali 10 pemain yang ada masuk kategori A di bawah seleksi Olympic Council of Malaysia (OCM) untuk Asian Games di Jakarta pada 18 Agustus hingga 2 September mendatang.

Hanya Lee Meng Yean/Chow Mei Kuan (ganda putri), Shevon Lai Jemie dan Goh Liu Ying (keduanya ganda campuran) yang memenuhi syarat ketika BAM mempresentasikan daftar 20 pemain mereka ke OCM selama pertemuan komite seleksi akhir Asian Games pada Senin (4/6) lalu.

Dalam upaya untuk menghemat anggaran dan efisiensi, OCM memberlakukan kriteria kualifikasi yang lebih ketat dengan menaikkan standar dari hasil yang didapat di Asian Games sebelumnya atau peringkat di kejuaraan Bulutangkis Asia.

Presiden BAM Datuk Seri Norza Zakaria mengatakan bahwa mereka tidak akan mengirim para emain ke Asian Games hanya untuk memenuhi undangan.

“Kami harus memahami bahwa Asian Games bukan kompetisi yang dimaksudkan untuk pembelajaran pemain. Ini bukan tempat untuk bereksperimen," kata Norza setelah memimpin rapat komite pelatihan terakhirnya kemarin (8/6).

“Daripada mengirim pemain ke Asian Games, kami mungkin mengirim mereka ke turnamen lain di mana mereka bisa mendapatkan poin peringkat. Asian Games tidak menawarkan poin peringkat. Tapi semua belum final karena daftar akhir kontingen belum akan diputuskan sebelum 30 Juni," Norza menambahkan.

"Kami akan mengajukan banding ke OCM untuk memasukkan sisa dari enam pemain putri kami." 

"Jika banding kami tidak diterima, kami tidak akan mengirim pemain mana pun di bawah kategori B," pungkasnya.

 Disisi lain 10 orang pemain putra adalah Lee Chong Wei, Lee Zii Jia, Leong Jun Hao, Iskandar Zulkarnain Zainuddin, Tan Wee Kiong, Goh V Shem, Teo Ee Yi, Ong Yew Sin, Goh Soon Huat dan Chan Peng Soon.

Artikel Tag: lee chong wei, Asian Games, Goh Liu Ying

Published by Ligaolahraga.com at https://www.ligaolahraga.com/badminton/malaysia-tak-ambil-bagian-di-turnamen-beregu-putri-asian-games-2018
1399  
Komentar

Terima kasih. Komentar Anda sudah disimpan dan menunggu moderasi.

Nama
Email
Komentar
160 karakter tersisa

Belum ada komentar.

Jadilah yang pertama berkomentar disini