Malaysia Akan Kirim 12 Pemain Muda ke Piala Thomas 2020

Penulis: Yusuf Efendi
Kamis 09 Sep 2021, 15:00 WIB
Malaysia Akan Kirim 12 Pemain Muda ke Piala Thomas 2020

Aaron Chia-Wooi Yik/[Foto:Thestar]

Ligaolahraga.com -

Berita Badminton : Federasi Bulu Tangkis Malaysia (BAM) kemungkinan besar akan mengirimkan 12 skuat penuh untuk putaran final Piala Thomas di Aarhus, Denmark, pada 9-17 Oktober 2021.

Direktur kepelatihan nasional Wong Choong Hann mengatakan dia bermaksud memanfaatkan kesempatan satu kali untuk menunjuk tim yang diperluas untuk memungkinkan lebih banyak wajah baru untuk mendapatkan pengalaman dari acara besar tersebut.

Dia yakin strategi tersebut akan membuat skuad muda ini mendapat manfaat yang baik untuk edisi Piala Thomas berikutnya, yang akan diadakan di Bangkok Mei mendatang.

Federasi Bulu Tangkis Dunia (BWF) telah memberikan pengecualian kepada semua tim peserta untuk memiliki 12 pemain di setiap skuad untuk kejuaraan Piala Thomas dan Uber mengingat kompetisi yang diadakan di tengah Covid-19.

Alasannya adalah untuk membantu tim meminimalkan dampak Covid-19 pada kemampuan tim untuk berpartisipasi penuh, misalnya tes positif, isolasi dan karantina dan mengurangi tekanan yang dihadapi oleh individu pemain dalam jumlah pertandingan yang harus mereka mainkan.

Namun dalam perspektif Badminton Malaysia (BAM), hal ini secara tidak langsung akan memudahkan proses seleksi mereka karena mereka tidak memiliki kemewahan untuk mengisi skuad mereka dengan enam pemain tunggal atau empat pasang, tergantung pada tujuan dan strategi mereka.

Sementara para pelatih cukup tegas dalam mengisi jumlah maksimum pemain untuk Piala Thomas, Chong Hann mengatakan mereka masih ragu-ragu apakah mereka akan melakukan hal yang sama untuk skuad Piala Uber.

"Kami akan membahas masalah ini (apakah akan menyebutkan nama maksimal 12 pemain) dalam pertemuan komite pelatihan dan pelatihan (CNT) berikutnya pada akhir minggu ini," kata Choong Hann, menambahkan bahwa daftar tim untuk Thomas, Uber dan Piala Sudirman (di Vaanta, Finlandia, mulai 26 September-3 Oktober) semuanya akan diumumkan sekaligus, paling lambat Sabtu ini.

“Kami tidak yakin apakah kami ingin menghabiskan sumber daya kami untuk skuat wanita, tetapi untuk pria itu pasti sepadan jika kami ingin mempercepat perkembangan beberapa pemain dan membuat mereka matang lebih cepat," katanya.

“Penting bagi mereka untuk mendapatkan pengalaman yang membuka mata di panggung besar. Sebagian besar pemain muda kami hanya bisa bermain di turnamen tingkat bawah untuk saat ini, tetapi Piala Thomas memberi kami kesempatan untuk membiarkan mereka menghadapi 20 pemain top dunia yang biasanya tidak mereka lawan."

“Melalui pengalaman panggung besar ini, saya yakin mereka akan termotivasi dan berlatih lebih keras. Kami membutuhkan anak-anak kami untuk naik dengan cepat melalui peringkat. Jangan lupa, kita sekarang di tahun 2021 dan Piala Thomas berikutnya kurang dari setahun lagi," Ia menambahkan.

Turnamen peringkat internal lima hari saat ini sedang berlangsung di Akademi Bulu Tangkis Malaysia (ABM) hingga Jumat bagi para pelatih untuk menilai kinerja para pemain sebelum menyelesaikan skuad. Ini hanya melibatkan tunggal putra, ganda putra dan tunggal putri.

Kecuali juara All England Lee Zii Jia dan peraih medali perunggu Olimpiade Tokyo Aaron Chia/Soh Wooi Yik, sisanya harus berjuang untuk tempat mereka di tim.

Artikel Tag: Piala Thomas 2020, Piala Uber 2020

Published by Ligaolahraga.com at https://www.ligaolahraga.com/badminton/malaysia-akan-kirim-12-pemain-muda-ke-piala-thomas-2020
1620  
Komentar

Terima kasih. Komentar Anda sudah disimpan dan menunggu moderasi.

Nama
Email
Komentar
160 karakter tersisa

Belum ada komentar.

Jadilah yang pertama berkomentar disini