Malaysia Akan Karantina 14 Hari Semua Atlet Yang Tampil di Malaysia Open

Penulis: Yusuf Efendi
Kamis 06 Mei 2021, 00:00 WIB
Malaysia Akan Karantina 14 Hari Para Pemain Yang Tampil di Malaysia Open

Lee Zii Jia/[Foto:NST]

Berita Badminton : Keputusan pemerintah untuk memberlakukan karantina wajib selama 14 hari terhadap orang asing dari 40 negara bisa menjadi pemecah kesepakatan terbesar untuk Malaysia Open pada 25-30 Mei.

Hingga saat ini, semua pihak yang terlibat, yakni Federasi Badminton Malaysia (BAM) dan Federasi Bulutangkis Dunia (BWF), belum mencapai kesimpulan apakah ajang Super 750 harus dilangsungkan atau tidak.

Sekretaris Jenderal BAM, Datuk Kenny Goh mengatakan diskusi masih berlangsung dengan BWF dan otoritas terkait lainnya tentang bagaimana mengelola peraturan pemerintah yang baru.

"Diskusi masih berlangsung dengan semua pihak terkait. Kami harus melihat bagaimana kami dapat melanjutkan acara dengan masa karantina 14 hari yang baru. Keputusan akan segera dibuat," kata Kenny kepada Timesport .

Karena pandemi Covid-19, banyak turnamen internasional telah ditunda atau dibatalkan sejak All England tahun lalu.

Tahun ini saja, beberapa turnamen, termasuk yang menawarkan poin kualifikasi Olimpiade seperti German Open, India Open, dan Kejuaraan Asia, menjadi korban virus corona.

Pertanyaan terbesarnya adalah bagaimana para pemain, yang masih memiliki kesempatan untuk mencapai Olimpiade Tokyo pada bulan Juli, mengumpulkan poin peringkat yang cukup untuk dipangkas jika Malaysia Open juga dibatalkan?

Karena itu, banyak pebulutangkis top sudah menangis dan telah meminta BWF untuk memberikan solusi yang adil untuk proses kualifikasi Olimpiade.

Sebagai catatan, Malaysia Open merupakan event terakhir kedua yang mempersembahkan poin kualifikasi Olimpiade sebelum Singapore Open pada 1-6 Juni.

Lebih buruk lagi, Malaysia telah melarang semua penerbangan ke dan dari India, membuat para pebulutangkis India dalam dilema.

Federasi Badminton India (BAI) telah menyarankan agar para pemain mereka terbang melalui Doha tetapi Qatar, bersama negara-negara bulutangkis top lainnya seperti Denmark, Jepang dan Cina, termasuk dalam daftar 40 negara yang harus menjalani karantina 14 hari setelah tiba di Malaysia. Artinya, pemain dari 40 negara terdaftar yang ingin berlaga di Malaysia Open harus tiba di Kuala Lumpur pekan depan.

Dan karena Malaysia terus mencatat jumlah kasus Covid-19 baru yang tinggi setiap hari, masih harus dilihat apakah pemain dan ofisial akan merasa aman bepergian ke sini dalam periode waktu ini.

Artikel Tag: Malaysia Open 2021, Olimpiade Tokyo 2021

821  
Komentar

Terima kasih. Komentar Anda sudah disimpan dan menunggu moderasi.

Nama
Email
Komentar
160 karakter tersisa

Belum ada komentar.

Jadilah yang pertama berkomentar disini