banner babe

Lin Dan Masih Bermimpi ke Olimpiade Tokyo 2020

Penulis: Yusuf Efendi
Sabtu 24 Agu 2019, 07:00 WIB
Lin Dan Masih Bermimpi ke Olimpiade Tokyo 2020

Lin Dan/[Foto:Thestar]

Berita Badminton : Meskipun kekuatan supernya semakin berkurang, Lin Dan bersumpah untuk tidak menyerah pada impiannya bersaing di Olimpiade kelimanya di Tokyo 2020 mendatang.

Kekalahan dari HS Prannoy asal India di babak kedua pada Selasa (20/9) lalu membuat bintang legendaris China itu semakin berat untuk memesan tempat di Olimpiade.

Namun, 'Super Dan', yang akan berusia 36 pada bulan Oktober, biasanya perlahan bangkit di saat kejuaraan akbar semakin dekat.

"Tujuan utama saya selalu ke Olimpiade Tokyo dan itu tidak berubah," kata Lin Dan, menyusul kekalahan mengejutkan dari Prannoy (11-21, 21-12 dan 7-21) yang merupakan kekalahan paling awal sejak debut pertamanya pada tahun 2003.

“Semua yang telah saya lakukan dan apa yang akan saya upayakan dalam latihan dan kompetisi adalah mencoba memenuhi syarat untuk Tokyo. Saya tahu perjalanan akan sangat sulit, saya akan berusaha sekeras yang saya bisa,” ungkapnya.

Menurut aturan Federasi Badminton Dunia (BWF), suatu negara dapat mengirim maksimal dua pemain yang masuk dalam peringkat 16 besar dunia pada 26 April tahun depan, untuk bersaing di Tokyo.

Sekarang kemungkinan besar Lin Dan yang kini berada di peringkat 17 dunia, harus menyalip rekan senegaranya yang lebih muda, Shi Yuqi (3 dunia) dan Chen Long (5 dunia).

Jika ia gagal, Lin Dan diprediksi secara resmi akan mengakhiri era keemasan bulutangkis yang dimulai pada awal 2000-an dan membuat dua kali juara Olimpiade itu bergabung dengan para legendaris yang kini sudah pensiun, yakni mantan peringkat 1 dunia, Lee Chong Wei, juara Olimpiade 2004 asal Indonesia, Taufik Hidayat dan legenda bulu tangkis Denmark, Peter Gade.

“Banyak lawan telah datang dan pergi dan saya masih berdiri di sini."

“Saya memiliki karier terpanjang di antara rekan-rekan saya, tetapi sayangnya saya sekarang harus bermain melawan banyak pesaing yang lebih energik dengan usia saya yang sudah tak lagi muda," lanjut juara dunia lima kali itu.

Artikel Tag: lin dan, lee chong wei, taufik hidayat, Peter Gade, olimpiade tokyo 2020

804  
Komentar

Terima kasih. Komentar Anda sudah disimpan dan menunggu moderasi.

Nama
Email
Komentar
160 karakter tersisa

Belum ada komentar.

Jadilah yang pertama berkomentar disini