Legenda Malaysia Sebut Kekalahan Dari India di Piala Thomas Memalukan

Penulis: Yusuf Efendi
Minggu 15 Mei 2022, 14:00 WIB
Legenda Malaysia Sebut Kekalahan Dari India di Piala Thomas Memalukan

Goh Sze Fei-Izzuddin Rumsani/[Foto:Thestar]

Ligaolahraga.com -

Datuk Razif Sidek, kapten tim pemenang Piala Thomas Malaysia 1992, yakin Malaysia telah menyia-nyiakan peluang bagus untuk setidaknya mencapai final Piala Thomas di Bangkok setelah tersingkir di perempat final yang mengecewakan pada Kamis.

Razif, mantan pemain ganda putra, dibuat bingung oleh kegagalan tim untuk memanfaatkan kekuatan mereka di nomor ganda.

Razif sama sekali tidak mengerti mengapa Goh Sze Fei/Nur Izzuddin Rumsani bermain di ganda pertama, bukannya Aaron Chia/Soh Wooi Yik, yang memiliki rekor tak terkalahkan dalam empat pertemuan melawan Satwiksairaj Rankireddy/Chirag Shetty dari India.

Sze Fei/Izzuddin menderita kekalahan keenam mereka dalam tujuh pertemuan melawan pasangan India.

Hasilnya terbukti menjadi kekalahan Malaysia dalam pertandingan tersebut saat mereka dikalahkan 3-2 oleh India - kekalahan pertama mereka sejak 1979.

"Saya tidak mengerti. Mengapa memilih Sze Fei/Izzudin untuk ganda pertama?" kata Razif, peraih medali perunggu di Olimpiade Barcelona 1992.

“Tidak dapat disangkal bahwa mereka melakukannya dengan baik untuk memenangkan satu poin melawan Jepang (yang dimenangkan Malaysia 3-2), tetapi jelas bahwa rekor head-to-head mereka dengan pasangan teratas India tidak menguntungkan mereka," ungkapnya.

"Dengan keunggulan lima lawan satu, Satwiksairaj-Chirag memiliki keunggulan psikologis. Bahkan ketika saya masih menjadi pemain, saya tidak nyaman melawan Park Joo Bong (dan Kim Moon Soo) karena kami tertinggal 8-1 dalam head-to-head."

Razif juga mempertanyakan keputusan tim untuk membentuk kombinasi dadakan antara Aaron dan Teo Ee Yi untuk pertandingan melawan India, karena dianggap tidak perlu.

“Mereka seharusnya mempertahankan pasangan asli. Aaron/Wooi Yik seharusnya bermain lebih dulu. Poin dari pertandingan ganda kedua tidak pernah diragukan apakah Anda memasukkan Izzuddin/Sze Fei atau Yew Sin/Ee Yi,” tegasnya.

"Dengan membuat perubahan ini, mereka menembak diri mereka sendiri. Saya telah mengatakan sebelumnya bahwa kami perlu mendapatkan dua poin dari ganda karena Zii Jia sudah melakukan pekerjaan yang bagus di tunggal pembuka."

“Dengan menghindari Indonesia, saya benar-benar berpikir kami memiliki peluang bagus untuk mencapai final," katanya.

“Dengan kekuatan ganda kami dan performa Zii Jia, kami juga bisa mengalahkan Denmark. Memalukan."

Razif menambahkan bahwa kalah dari India adalah kegagalan besar.

"Saya rasa kami belum pernah kalah dari India selama ini. Sudah waktunya bagi tim nasional kami untuk melakukan pencarian jiwa."

Artikel Tag: Malaysia, rashid sidek, Piala Thomas 2022, India

Published by Ligaolahraga.com at https://www.ligaolahraga.com/badminton/legenda-malaysia-sebut-kekalahan-dari-india-di-piala-thomas-memalukan
688  
Komentar

Terima kasih. Komentar Anda sudah disimpan dan menunggu moderasi.

Nama
Email
Komentar
160 karakter tersisa

Belum ada komentar.

Jadilah yang pertama berkomentar disini