Lee Zii Jia Tembus Peringkat 10 Besar Dunia

Penulis: Yusuf Efendi
Rabu 18 Mar 2020, 23:30 WIB
Lee Zii Jia Tembus Peringkat 10 Besar Dunia

Lee Zii Jia-Victor Axelsen/[Foto:Thestar]

Berita Badminton: Pebulutangkis Malaysia, Lee Zii Jia telah mencapai peringkat karir terbaiknya untuk masuk ke 10 besar dunia, dan menjadi tunggal putra Malaysia ketiga yang mencapai prestasi itu dalam sedekade terakhir selain Lee Chong Wei dan Daren Liew.

Zii Jia melonjak tiga tempat dari posisi sebelumnya 13 dunia menyusul debut All England yang memukau pekan lalu yang mencapai babak semifinal.

Peningkatan peraih medali emas SEA Games di peringkat dunia mengikuti serangkaian hasil konsisten yang dia hasilkan dalam 15 bulan terakhir. Terlepas dari All England, Zii Jia juga menanjak dengan raihan semifinal di Malaysia Masters pada awal Januari.

Tahun lalu, ia mencatat 10 kali perempat final dalam 19 penampilan di turnamen internasional, terutama mencapai delapan besar Kejuaraan Dunia di Basel, Swiss, dan semifinal Thailand Open 2020.

Meskipun ia sekarang telah mengalahkan para pemain 10 teratas dunia, Zii Jia tidak perlu diingatkan betapa sulitnya untuk tetap di sana atau meningkatkan level lebih lanjut.

Untuk meningkatkan kemampuannya, Zii Jia perlu meningkatkan standar dengan mencapai semifinal lebih teratur, serta bertujuan untuk kembali ke jalur kemenangan. Zii Jia belum menambahkan gelar kedua sejak kemenangan sensasional di Taiwan Open pada Oktober 2018.

“Saya senang, tetapi saya harus tetap berdiri dengan kuat dan rendah hati,” kata Zii Jia, yang sekarang berada di bawah karantina dua minggu dengan rekan-rekan setimnya di Akademi Bulu Tangkis Malaysia (ABM) sejak Senin (16/3).

“Saya berharap untuk berlatih lebih keras dan memulai lagi setelah saya kembali ke lapangan. Semoga saja, saya bisa menampilkan versi diriku yang lebih baik di turnamen mendatang," ungkapnya.

Zii Jia akan tetap sebagai nomor 10 dunia setidaknya hingga akhir bulan April karena tidak ada turnamen yang terjadi setelah Federasi Badminton Dunia (BWF) menunda seluruh turnamen hingga 12 April mendatang.

Artikel Tag: Lee Zii Jia, lee chong wei, BWF

672  
Komentar

Terima kasih. Komentar Anda sudah disimpan dan menunggu moderasi.

Nama
Email
Komentar
160 karakter tersisa

Belum ada komentar.

Jadilah yang pertama berkomentar disini