Lee Zii Jia Pastikan Tidak Akan Pernah Berpaling Untuk Negara

Penulis: Yusuf Efendi
Kamis 27 Jan 2022, 14:00 WIB
Jadi Pemain Profesional, Lee Zii Jia Pastikan Tidak Akan Pernah Berpaling Untuk Negara

Lee Zii Jia/[Foto:Thestar]

Ligaolahraga.com -

Berita Badminton : Pebulutangkis tunggal putra peringkat 7 dunia, Lee Zii Jia menegaskan bahwa dia tidak akan pernah berpaling dari Malaysia dalam keadaan apapun.

Pemain berusia 23 tahun itu membantah klaim bahwa dia akan bermain untuk negara lain jika dia gagal membatalkan skorsing dua tahun yang dijatuhkan kepadanya oleh Asosiasi Bulu Tangkis Malaysia (BAM) sebagai akibat dari keluar dari tim nasional.

“Saat saya menyerahkan surat pengunduran diri, saya sudah bersiap untuk yang terburuk. Saya tahu saya mungkin akan diskors dan tidak dapat bersaing selama dua tahun,” kata Zii Jia dalam wawancara dengan Astro Arena kemarin.

“Tetapi tidak pernah terlintas dalam pikiran saya untuk pindah ke negara lain atau pindah kewarganegaraan. Apa pun yang terjadi, satu-satunya negara yang ingin saya wakili adalah Malaysia.”

Lee Zii Jia juga mengklarifikasi bahwa dia tidak meminta tebusan kepada BAM dengan mengajukan tiga permintaan sebagai syarat baginya untuk tetap berada di tim nasional.

BAM telah mengklaim bahwa mereka menolak permintaan "tidak realistis" Zii Jia yang ingin memiliki tim pelatih dan layanan dukungannya, memilih turnamen dan memperoleh sponsornya sendiri.

Dia menjelaskan: “BAM berusaha sangat keras untuk meyakinkan saya untuk tetap tinggal. Mereka bahkan mengajukan beberapa penawaran balasan. Saya merasa sangat sedih, jika mungkin saya tidak ingin meninggalkan rumah ini.”

“Tetapi saya membutuhkan perubahan, jadi saya mengusulkan kepada mereka bahwa jika saya tetap tinggal maka saya ingin memiliki tim dan sponsor sendiri. Namun, saya harus menekankan bahwa ini hanyalah saran, itu tidak pernah dimaksudkan untuk menjadi ancaman. Tetapi bahkan pada saat itu, saya sudah sangat tegas tentang keputusan saya untuk meninggalkan tim nasional,” ungkapnya.

Lee Zii Jia mengungkapkan bahwa dia pertama kali bermain-main dengan ide untuk menjadi profesional sejak Januari tahun lalu ketika dia mengalami penurunan performa dan tampil buruk di tiga putaran Tur Dunia di Bangkok. Niat itu akhirnya pupus sementara berkat bantuan dan dorongan dari para pelatih.

Dia bangkit kembali dengan kuat untuk memenangkan All England dua bulan kemudian.

Namun, Zii Jia kesulitan untuk mempertahankan konsistensinya dan tetap berada di puncak permainannya. Zii Jia gagal mengulangi kesuksesan di sisa musim dan pemikiran untuk meninggalkan tim nasional muncul kembali.

“Saya telah mencoba semua yang saya bisa untuk meningkatkan tetapi itu terbukti sia-sia,” kata Zii Jia.

“Dalam surat pengunduran diri saya, saya menyebutkan bahwa saya tidak bisa mengatasi tekanan dan lingkungan (resimen) di tim nasional sebagai alasan utama. Selain itu, BAM telah mencoba yang terbaik untuk membantu saya dan telah memberikan semua yang saya minta. Jadi, saya sangat kecewa dengan diri saya sendiri karena saya masih belum bisa memberikan performa dan hasil yang memuaskan sepanjang tahun 2021.

“Saya harus mengambil tanggung jawab dan mungkin sudah waktunya untuk membuat perubahan. Karena saya tidak bisa lagi berkembang di tim nasional, jadi mengapa tidak mencoba karir independen?”

Jadi apa langkah selanjutnya akan Ia lakukan?

Lee Zii Jia mengatakan tugas mendesaknya adalah membangun timnya sendiri serta mengidentifikasi tempat pelatihan baginya untuk mendirikan markas.

Terlepas dari niatnya untuk bermarkas di tanah air, Zii Jia tidak menutup kemungkinan bergabung dengan pemain peringkat 1 dunia Viktor Axelsen untuk berlatih bersama di Dubai.

“Viktor telah menghubungi saya dan mengatakan kepada saya bahwa saya selalu diterima untuk bergabung dengannya di Dubai,” kata Zii Jia.

“Sekarang saya seorang independen, saya sadar bahwa ada banyak tantangan yang menunggu saya di luar. Tetap menjadi target utama berlaga di Olimpiade Paris 2024 dan berusaha merebut medali untuk Malaysia. Yakinlah bahwa saya akan berusaha sekuat tenaga untuk itu.”

Artikel Tag: Lee Zii Jia, bam

Published by Ligaolahraga.com at https://www.ligaolahraga.com/badminton/lee-zii-jia-pastikan-tidak-akan-pernah-berpaling-untuk-negara
607  
Komentar

Terima kasih. Komentar Anda sudah disimpan dan menunggu moderasi.

Nama
Email
Komentar
160 karakter tersisa

Belum ada komentar.

Jadilah yang pertama berkomentar disini