Lee Zii Jia Mengaku Terinspirasi Oleh Anders Antonsen

Penulis: Yusuf Efendi
Senin 06 Jan 2020, 15:30 WIB
Lee Zii Jia Mengaku Terinspirasi Oleh Anders Antonsen

Anders Antonsen/[Foto:Thestar]

Ligaolahraga.com -

Berita Badminton : Pebulutangkis tunggal putra tim nasional Malaysia, Lee Zii Jia berharap untuk terus melangkah maju pada tahun 2020 seperti yang dilakukan oleh Anders Antonsen asal Denmark tahun lalu.

Zii Jia yang kini berusia 21 tahun, mengatakan bahwa dia terinspirasi oleh eksploitasi Antonsen yang membuatnya mendapatkan peringkat 10 besar dunia dan terus mencapai peringkat tertinggi dalam karier di posisi 3 dunia.

Antonsen yang kini berusia 22 tahun, berhasil mencapai lima final dengan pencapaian tertinggi mengklaim gelar di Indonesia Masters pada bulan Januari dan emas European Games pada bulan Juni. Dia juga meraih dua runner-up turnamen bergengsi di Indonesia Open pada Juli dan Kejuaraan Dunia di Basel, Swiss, sebulan kemudian.

“Saya sangat terinspirasi oleh Antonsen. Satu tahun memang dapat membuat perbedaan peringkat dunia,” kata pemain peringkat 14 dunia, Zii Jia setelah ujicoba lapangan di Axiata Arena, tempat berlangsungnya Malaysia Masters 2020.

"Dia tentu menetapkan patokan atas apa yang telah dia capai tahun lalu dan saya harap saya bisa melakukan hal yang sama. Saya dulu tidak terlalu jauh di belakang peringkatnya pada satu titik tetapi tiba-tiba dia sekarang begitu jauh di depan saya."

"Saya melihatnya dan Kantaphon (Wangcharoen asal Thailand, peraih medali perunggu Kejuaraan Dunia 2019) juga sebagai pesaing terbesar saya selama bertahun-tahun yang akan datang karena usia kami tidak terlalu jauh. Saya juga ingin mempercepat progresku juga," tambah Zii Jia.

Antonsen bisa menjadi contoh yang baik bagi Zii Jia karena Ia hanya berada di peringkat 20 besar selama lebih dari dua tahun sebelum kemajuan besar tahun lalu. Zii Jia sendiri telah naik ke 20 besar dunia sejak Mei tahun lalu tetapi gagal membangun momentun sejak saat itu.

“Saya ingat dengan jelas bahwa Antonsen sudah menjadi pemain 20 besar ketika dia berusia 19 tahun. Dia telah matang dan meningkat lebih cepat di antara para pemain dari kelompok usia kami," kata Zii Jia.

“Ini bisa jadi karena dia terus tampil di banyak turnamen di tahap awal. Di usia 19, dia sudah bermain di sekitar 20 turnamen, jadi dia semakin kuat dari satu turnamen ke turnamen lainnya," Zii Jia menambahkan.

Namun Zii Jia harus mengesampingkan rasa hormatnya pada Antonsen karena mereka berdua akan bentrok di babak pembuka Malaysia Masters 2020.

Zii Jia telah bertemu Antonsen sebanyak dua kali tahun lalu di Indonesia Masters dan Indonesian Open meski semuanya harus berakhir dengan kekalahan.

"Saya bertekad menang darinya (Antonsen) untuk pertama kalinya," kata Zii Jia.

“Ini turnamen pertama saya tahun ini. Bermain di kandang dan kalah lebih awal bukanlah pilihan. Jika saya dapat mengurangi kesalahan sederhana, maka saya memiliki peluang untuk menang. Saya juga bisa mengandalkan dukungan para penonton tuan rumah. Saya akan mencoba membayar mereka dengan memenangkan pertandingan," tegas Zii Jia dengan yakin.

Artikel Tag: Lee Zii Jia, Anders Antonsen, Malaysia Masters 2020

Published by Ligaolahraga.com at https://www.ligaolahraga.com/badminton/lee-zii-jia-mengaku-terinspirasi-oleh-anders-antonsen
3633  
Komentar

Terima kasih. Komentar Anda sudah disimpan dan menunggu moderasi.

Nama
Email
Komentar
160 karakter tersisa

Belum ada komentar.

Jadilah yang pertama berkomentar disini