Lee Zii Jia Masih Bungkam Tentang Masa Depannnya di Tim Nasional

Penulis: Yusuf Efendi
Rabu 19 Jan 2022, 14:00 WIB
Lee Zii Jia Masih Bungkam Tentang Masa Depannnya di Tim Nasional

Lee Zii Jia/[Foto:Thestar]

Ligaolahraga.com -

Berita Badminton : Pebulutangkis peringkat 7 dunia, Lee Zii Jia tetap bungkam mengenai masa depannya di tengah berkembangnya spekulasi bahwa ia akan keluar dari Asosiasi Bulu Tangkis Malaysia untuk menjadi profesional.

Kemarin, juara All England berusia 23 tahun itu malu-malu ketika ditanya tentang hal itu, bersikeras bahwa dia masih pemain nasional.

“Jika saya seorang pemberontak, Anda tidak akan melihat saya di sini di pusat pelatihan hari ini,” kata Zii Jia kepada wartawan kemarin.

“Saya tidak dalam posisi untuk mengomentari masalah ini. Jika ada apa-apa, BAM yang akan mengumumkannya. Sebagai pemain, saya hanya ingin berlatih dan berkembang sehingga saya bisa tampil di level tertinggi dan menghasilkan hasil yang baik serta membuat negara bangga. Hanya itu yang saya pikirkan saat ini.”

Meskipun itu adalah jawaban yang tidak memiliki komitmen, ini adalah pertama kalinya Lee Zii Jia membuat pernyataan terbuka sejak rumor pertama kali beredar dua minggu lalu.

Kemudian, BAM dengan sigap membantah klaim tersebut, menyatakan bahwa tekad dan visi Zii Jia tetap sama sebagai pemain tunggal putra nasional terkemuka di tanah air dan fokus pada Paris 2024.

Namun masalah itu kembali muncul pada hari Senin setelah sebuah stasiun televisi lokal melaporkan bahwa Lee Zii Jia telah mengadakan pembicaraan dengan presiden BAM Tan Sri Norza Zakaria.

Namun, Norza mengatakan itu hanya untuk membahas rencana kompetisi pemain.

Juga diketahui bahwa Zii Jia dan saudara perempuannya, Zii Yii, yang menjadi managernya, menghadiri rapat dewan yang diadakan pada hari yang sama.

Mantan pemain nomor satu nasional Lee Chong Wei sebelumnya menyatakan bahwa BAM akan selalu menjadi pilihan terbaik jika ingin mencapai hal-hal besar di lapangan.

Chong Wei tetap setia kepada badan nasional dalam karirnya dan dedikasinya pada permainan terbukti saat ia berhasil bermain di level teratas hingga akhir usia 30-an.

Namun, Zii Jia tidak mau dibandingkan dengan pendahulunya.

“Pertama-tama, saya bukan Datuk Lee Chong Wei. Apa yang dia capai sama sekali berbeda, jadi saya tidak akan mengatakan saya menginginkan hal yang sama (arah),” tegasnya.

Zii Jia juga sadar bahwa jika dia pergi, ada harga yang harus dibayar karena BAM berhak melarangnya berkompetisi. Ada klausul yang menyatakan bahwa pemain yang keluar dari tim nasional "sebelum waktunya" akan menghadapi sanksi.

Hanya mereka yang berusia 29 tahun dan telah bermain di lima turnamen besar Kejuaraan Piala Thomas dan Uber, SEA Games, Kejuaraan Dunia, Commonwealth Games, dan Olimpiade yang akan dikecualikan.

Dan Lee Zii Jia tidak memenuhi persyaratan ini.

Tetapi mengingat statusnya sebagai pemain top negara itu, BAM dapat membuat pengaturan lain karena tim nasional sangat membutuhkan jasanya untuk acara-acara besar tahun ini.

Artikel Tag: Lee Zii Jia, bam

Published by Ligaolahraga.com at https://www.ligaolahraga.com/badminton/lee-zii-jia-masih-bungkam-tentang-masa-depannnya-di-tim-nasional
563  
Komentar

Terima kasih. Komentar Anda sudah disimpan dan menunggu moderasi.

Nama
Email
Komentar
160 karakter tersisa

Belum ada komentar.

Jadilah yang pertama berkomentar disini