Lee Zii Jia Bisa Terbebas Dari Hukuman BAM Jika Pindah ke Negera Lain

Penulis: Yusuf Efendi
Jumat 21 Jan 2022, 17:30 WIB
Lee Zii Jia Bisa Terbebas Dari Hukuman BAM Jika Pindah ke Negera Lain

Lee Zii Jia/[Foto:Thestar]

Ligaolahraga.com -

Berita Badminton : Lee Zii Jia dapat bermain sebagai pemain profesional lebih cepat dari yang diharapkan untuk Malaysia bahkan jika Asosiasi Bulu Tangkis Malaysia (BAM) memutuskan untuk melarangnya selama dua tahun.

Ada aturan di Federasi Bulu Tangkis Dunia (BWF) yang mengizinkannya, tetapi dia harus pindah ke negara lain terlebih dahulu.

Pemain peringkat 7 dunia, Lee Zii Jia, yang telah mengundurkan diri dari tim nasional dan menunggu keputusan tentang kelayakannya untuk bermain (pada pukul 4 sore hari Jumat), dapat memindahkan tempat latihannya ke Dubai, dan jika dia tinggal di sana untuk jangka waktu tertentu, namanya bisa dimasukan oleh Federasi Bulu Tangkis Uni Emirat Arab untuk turnamen internasional.

Lee Zii Jia tidak harus mengubah kewarganegaraannya. Ia masih bisa memilih bermain di bawah bendera Malaysia.

Di bawah aturan yurisdiksi BWF, sebelumnya dinyatakan bahwa seorang pemain hanya perlu tinggal selama tiga bulan di luar negeri untuk mendapatkan persetujuan dari asosiasi anggota negara itu untuk bermain.

Namun, di bawah aturan baru, periode tersebut telah diperpanjang dari tiga menjadi 12 bulan.

Kontak dekat dari BWF mengatakan untuk bulu tangkis untuk maju, mereka perlu mendorong partisipasi pemain profesional.

"Agar bulu tangkis berkembang, BWF harus terbuka. Ada pemain yang tertindas di bawah aturan nasional sementara beberapa pemain tidak memiliki fasilitas terbaik untuk berlatih di tempatnya," katanya.

"Beberapa negara tidak memiliki basis pelatihan yang dapat membawa pemain ke level lain.”

"Dengan pindah ke negara lain, mereka dapat melanjutkan pertumbuhan mereka sebagai pemain bulu tangkis. Dan untungnya, badan dunia memiliki aturan yang memungkinkan hal ini terjadi. Para pemain ini tidak perlu mengubah kewarganegaraan mereka dan mereka dapat memilih untuk bermain di bawah asuhan. bendera nasional mereka sendiri."

Pada bagian 5 tentang Yurisdiksi, pendaftaran entri Pemain, dan Penalti di bawah Peraturan Umum Kompetisi BWF, dinyatakan bahwa: "Seorang pemain berada di bawah yurisdiksi semua anggota di mana pemain berafiliasi secara langsung atau tidak langsung."

Selanjutnya dikatakan dalam Klausul 5.2.2: "Seorang pemain berada di bawah yurisdiksi lanjutan anggota untuk jangka waktu 12 bulan setelah berhenti tinggal di negara anggota itu."

Titik referensi yang baik adalah kasus baru-baru ini yang melibatkan pemain tunggal putri Jordan Hart dari Wales, meskipun dalam kasusnya, dia memilih untuk mengganti benderanya ke Polandia.

Hart mengikuti pelatihnya ke Polandia karena mereka memiliki fasilitas pelatihan yang lebih baik dan proses transfer diizinkan oleh BWF  dan itu semua terjadi hanya dalam waktu tiga bulan dan itu tidak mempengaruhi peringkat dunianya.

Dia mengambil bagian dalam Polandia Open tahun lalu di bawah Wales tetapi pada bulan Mei di Spanyol Masters, dia bermain di bawah bendera Polandia.

Artikel Tag: Lee Zii Jia, bam

Published by Ligaolahraga.com at https://www.ligaolahraga.com/badminton/lee-zii-jia-bisa-terbebas-dari-hukuman-bam-jika-pindah-ke-negera-lain
3751  
Komentar

Terima kasih. Komentar Anda sudah disimpan dan menunggu moderasi.

Nama
Email
Komentar
160 karakter tersisa

Belum ada komentar.

Jadilah yang pertama berkomentar disini