Lee Chong Wei Yakin Penundaan Olimpiade Untungkan Pemain Yang Satu Ini

Penulis: Yusuf Efendi
Senin 18 Mei 2020, 22:00 WIB
Lee Chong Wei Yakin Penundaan Olimpiade Untungkan Pemain Yang Satu Ini

Lee Chong Wei/[Foto:Thestar]

Berita Badminton : Legenda bulu tangkis Malaysia, Lee Chong Wei, optimis bahwa Lee Zii Jia akan memiliki kesempatan untuk memenangkan medali di Olimpiade Tokyo tahun depan.

Chong Wei membuat pernyataan di atas ketika dia dan Goh Liu Ying menerima webcast siaran langsung dan ketika mereka ditanya oleh netizen.

Seorang netizen bertanya kepada Chong Wei apakah dia optimis bahwa Zii Jia akan memenangkan Olimpiade tahun depan. Dia mengatakan dengan tegas,

"Ya, dia memiliki peluang. Sebenarnya, di Olimpiade, setiap orang memiliki kesempatan. Karena mental setiap atlet adalah sama, setiap orang ingin menang dan memenangkan medali, yang juga menyebabkan tekanan besar pada para atlet. Oleh karena itu, sering ada kuda hitam melaju jauh di Olimpiade," kata Chong Wei.

Chong Wei mengatakan bahwa Olimpiade Tokyo ditunda selama satu tahun, merupakan hal yang baik bagi Zii Jia untuk bersiap dan menunjukan potensi.

"Zii Jia sekarang berusia 22 tahun, menang pada usia muda. Olimpiade ditunda selama satu tahun, memberinya banyak waktu untuk mempersiapkan, dan dia masih memiliki banyak ruang untuk perbaikan."

"Sebelum Olimpiade tahun depan, ia dapat tumbuh melalui lebih banyak kompetisi. Malaysia Open pada Januari dan Kejuaraan All England pada Maret memungkinkannya untuk mengasah kemampuannya," ungkap Chong Wei.

"Sebenarnya, Olimpiade ditunda satu tahun. Untuk atlet muda, dia masih punya ruang untuk berkembang. Tetapi untuk atlet yang lebih tua seperti Chan Peng Soon dan Goh Liu Ying (ganda campuran), itu lebih tidak menguntungkan. Lagi pula, kekuatan dan kebugaran fisik mereka ada perbedaan satu tahun, terutama untuk Goh Liu Ying, dia memiliki banyak cedera, yang pasti akan mempengaruhi persiapannya untuk Olimpiade," tambah Chong Wei.

Chong Wei, yang telah pensiun dari turnamen kompetitif, sekarang memandang Olimpiade tahun depan sebagai kepala tim. Ia berharap mimpinya untuk tidak bisa memenangkan emas dapat dicapai oleh rekan-rekan setimnya kali ini.

"Dari sudut pandang kepala tim, saya berharap bahwa anggota tim kami akan memenangkan lebih banyak medali di Olimpiade tahun depan. Saya tidak bisa bermimpi memenangkan medali emas di Olimpiade. Saya berharap mereka akan mencapainya."

Malaysia memenangkan 4 perak dan 1 perunggu di Olimpiade Rio 2016. Chong Wei berharap delegasi Malaysia akan mencapai hasil yang lebih baik dari sebelumnya di Olimpiade Tokyo tahun depan.

"Saya percaya bahwa sumber medali kami adalah tiga proyek yakni bulu tangkis, menyelam, dan bersepeda. Proyek lain belum ditentukan," katanya.

"Karena mewabahnya pandemi Covid-19, semua orang tidak bisa berlatih saat ini dan hanya bisa melakukan latihan fisik di rumah, yang sangat tidak mencukupi untuk pemain bulu tangkis."

"Saya telah berada dalam situasi ini untuk pertama kalinya di tim nasional selama 19 tahun. Saya tidak bisa berlatih shuttlecock selama lebih dari dua bulan. Bagaimanapun, bulu tangkis dan teknis berbeda. Tanpa latihan dan kompetisi reguler, Anda akan tahu bahwa perasaan dan kecepatan akan menyebabkan banyak perbedaan besar," tegas pemilik 12 gelar Malaysia Open itu.

Artikel Tag: lee chong wei, Lee Zii Jia, olimpiade tokyo 2020, Pandemi Covid-19

2246  
Komentar

Terima kasih. Komentar Anda sudah disimpan dan menunggu moderasi.

Nama
Email
Komentar
160 karakter tersisa

Belum ada komentar.

Jadilah yang pertama berkomentar disini