Lee Chong Wei Yakin Hanya Masalah Waktu Bagi Lee Zii Jia Untuk ke Puncak

Penulis: Yusuf Efendi
Rabu 10 Feb 2021, 08:15 WIB
Lee Chong Wei Yakin Hanya Masalah Waktu Bagi Lee Zii Jia Untuk ke Puncak

Lee Chong Wei/[Foto:Thestar]

Berita Badminton : Mantan pemain peringkat 1 dunia, Datuk Lee Chong Wei senang karena tunggal putra No. 1 nasional, Lee Zii Jia terhindar dari perombakan besar-besaran di Federasi Badminton Malaysia (BAM).

Peraih medali perak Olimpiade tiga kali itu mengatakan Lee Zii Jia membutuhkan lebih banyak waktu untuk mencapai puncak.

Meskipun Zii Jia bermain di bawah standar pada turnamen beruntun di Thailand Open bulan lalu, dia bukan salah satu dari lima pebulutangkis yang diturunkan dari skuad nasional.

Pemain berusia 22 tahun itu masih dipandang sebagai pemain dengan potensi besar. Mereka yang menunjukkan jalan keluar adalah seniornya Goh Soon Huat/Shevon Lai Jemie, Lai Pei Jing (ganda campuran), Vivian Hoo (ganda putri) dan Soniia Cheah (tunggal putri).

Lee Chong Wei mengatakan bahwa pemain peringkat 11 dunia, Zii Jia bisa lebih stabil sebagai pemain dalam empat tahun.

"Zii Jia melonjak awal tahun lalu tetapi tidak adil mengharapkan dia untuk terus menang, dia belum sampai di sana," kata Chong Wei.

“Saya akan baik-baik saja meskipun dia tidak memenangkan medali di Olimpiade pertamanya di Tokyo. Dia membutuhkan lebih banyak waktu."

“Saya kalah pada putaran kedua Olimpiade pertama saya di Athena (2004). Bayangkan, jika saya terjatuh karena satu hasil itu, saya tidak akan bisa meraih medali di Olimpiade berikutnya,” ujarnya.

Berdasarkan penilaiannya sendiri, Lee Chong Wei merasa Lee Zii Jia merasa ada beban yang besar sebagai pemain terbaik Malaysia di Thailand.

"Setelah tidak bermain selama 10 bulan, saya berharap Zii Jia akan melepaskan tembakan tetapi dia tidak menunjukkan urgensi itu dalam permainannya," kata Chong Wei.

“Saya dilarang (karena pelanggaran doping) selama delapan bulan. Sulit melewati hari-hari tanpa kompetisi, tetapi saya tidak mengurangi intensitas dalam latihan. Saya terus berlatih keras."

“Saya sangat ingin beraksi dan ketika saya berada di lapangan, saya menunjukkan betapa lapar saya ... Saya ingin membuktikan kepada semua bahwa saya masih bisa bermain ... dalam kondisi terbaik saya. Saya mengharapkan rasa lapar seperti itu dari Zii Jia, tapi itu hilang," tambah Chong Wei.

Chong Wei berharap Zii Jia akan berkumpul kembali dan berdiskusi dengan pelatihnya Hendrawan dan Datuk Tey Seu Bock tentang bagaimana mendapatkan kembali performanya.

“Tapi lebih dari menunggu masukan dari para pelatih, saya berharap Zii Jia akan mengevaluasi dirinya sendiri dan mencari cara untuk mendapatkan dorongan kembali dalam permainannya. Itu ada di tangannya tapi saya akan mendorongnya untuk meluangkan waktu,” katanya.

“Saya menunggu selama empat tahun sebelum kembali ke Olimpiade (Beijing 2008) untuk memenangkan medali pertama saya. Saya berharap Zii Jia akan pulih dari kemunduran ini juga.”

Tugas Lee Zii Jia berikutnya untuk tim nasional Malaysia adalah Swiss Open, German Open dan All England bulan depan. Tahun lalu, Zii Jia sukses mencapai babak semifinal All England 2020.

Artikel Tag: lee chong wei, Lee Zii Jia, BWF, bam

705  
Komentar

Terima kasih. Komentar Anda sudah disimpan dan menunggu moderasi.

Nama
Email
Komentar
160 karakter tersisa

Belum ada komentar.

Jadilah yang pertama berkomentar disini