Lee Chong Wei Wanti-wanti Pemain Menuju Olimpiade Yang Menantang dan Unik

Penulis: Yusuf Efendi
Kamis 11 Feb 2021, 17:30 WIB
Lee Chong Wei Wanti-wanti Para Pemain Menuju Olimpiade Yang Menantang dan Unik

Lee Chong Wei/[Foto:Thestar]

Berita Badminton : Legenda bulu tangkis Malaysia, Lee Chong Wei, yang berpengalaman selama empat kali penyelenggaraan Olimpiade, yakin bahwa Olimpiade Tokyo yang tertunda pada 23 Juli-8 Agustus mendatang akan menjadi yang terbaik berkat pandemi global Covid-19.

Lee Chong Wei, chef de mission Malaysia untuk Olimpiade Tokyo, meminta semua atlet yang terikat di Tokyo untuk mempersiapkan diri menghadapi Olimpiade yang sulit namun unik dengan sejumlah protokol kesehatan dan keselamatan Covid-19 yang ketat diberlakukan.

Penyelenggara Olimpiade Tokyo 2020 baru-baru ini merilis "Playbook" 33 halaman atlet, yang menjelaskan rencana mereka untuk menggelar Olimpiade yang aman bagi lebih dari 11.000 atlet dari 206 negara.

Buku peraturan ini dibuat oleh penyelenggara dalam upaya untuk memastikan bahwa Olimpiade dapat berjalan dengan aman meskipun kasus Covid-19 meningkat.

Selain SOP reguler seperti menjaga jarak sosial, pemakaian masker dan tidak ada toleransi untuk tes positif, Playbook juga menyatakan bahwa atlet tidak perlu karantina dan divaksinasi untuk bertanding.

Lee Chong Wei, yang berpartisipasi dalam pengarahan Chefs de Mission Tokyo 2020 di Playbook pada hari Selasa, mengatakan bahwa buku peraturan akan berguna untuk persiapan Dewan Olimpiade Malaysia (OCM) untuk kontingen.

“Kami menyambut baik penerbitan Playbook oleh Komite Olimpiade Internasional (IOC) dan Komite Penyelenggara,” kata Chong Wei.

“Playbook tidak hanya memberikan arahan yang akan membantu kami dalam perencanaan dan persiapan, tetapi juga memberikan kejelasan yang sangat dibutuhkan kepada para atlet dan ofisial kami tentang bagaimana penyelenggara berencana untuk membuat Olimpiade yang aman dan terjamin. Olimpiade Tokyo 2020 ini akan menjadi pengalaman unik bagi semua orang," ungkapnya.

“Agar Olimpiade dapat berlangsung dengan Covid-19 di tengah-tengah kami, kami memahami bahwa akan ada kondisi dan batasan tambahan dan atlet serta ofisial kami harus berkorban, dapat beradaptasi, dan fleksibel," Ia menambahkan.

Lee Chong Wei berkata dia bersyukur karena dia tidak harus melalui semua kesulitan ini dalam empat partisipasi Olimpiade sebelumnya.

“Saya pernah ke Athena 2004, Beijing 2008, London 2012 dan Rio 2016, untungnya saya tidak mengalami yang seperti sekarang,” kata Chong Wei.

“Bahkan sebelum Olimpiade 2004, ada wabah SARS di Hong Kong setahun sebelumnya. Untungnya, itu terjadi dalam waktu singkat," jelas pemilik tiga medali perak Olimpiade itu.

Artikel Tag: lee chong wei, Olimpiade Tokyo 2021, Covid-19, SOP, jepang

1995  
Komentar

Terima kasih. Komentar Anda sudah disimpan dan menunggu moderasi.

Nama
Email
Komentar
160 karakter tersisa

Belum ada komentar.

Jadilah yang pertama berkomentar disini