Lee Chong Wei Tak Yakin Lin Dan akan Lolos ke Olimpiade Tokyo

Penulis: Yusuf Efendi
Jumat 22 Mei 2020, 01:00 WIB
Lee Chong Wei Tak Yakin Lin Dan akan Lolos ke Olimpiade Tokyo

Lin Dan/[Foto:Times of India]

Berita Badminton: Legenda bulu tangkis Malaysia, Lee Chong Wei, mengatakan akan sulit bagi mantan musuh bebuyutannya, Lin Dan untuk lolos ke Olimpiade Tokyo karena persaingan ketat dari para pemain China yang lebih muda.

Lin Dan berharap untuk lolos ke Olimpiade kelimanya berturut-turut di Tokyo pada tahun depan, tetapi ia akan berusia 37 tahun ketika kejuaraan itu digelar pada tahun depan, setelah ditunda setahun akibat pandemi virus corona alias Covid-19.

Juara Olimpiade dua kali itu saat ini berada di peringkat ke-19 dalam Race to Tokyo, di belakang dua rekan senegaranya, Chen Long dan Shi Yuqi. Sedangkan peraturan resmi mengatakan bahwa suatu negara hanya dapat mengirim maksimal dua pemain nomor tunggal ke Olimpiade jika keduanya berada di peringkat 16 besar.

"Saya pikir itu akan relatif sulit jika (Lin Dan) ingin berpartisipasi di Olimpiade, karena hanya dua pemain dari tim China yang bisa ambil bagian," kata Chong Wei yang kini berusia 37 tahun.

"Jika dia benar-benar ingin mengambil bagian di Olimpiade, dia harus berada di dua teratas untuk lolos. Bulu tangkis adalah tentang usia. Ketika Anda telah bertambah tua, itu benar-benar lebih sulit untuk bersaing dengan atlet yang lebih muda," tambahnya.

Lin Dan, yang dikenal sebagai "Super Dan", mengatakan beberapa waktu lalu bahwa ia belum menyerah pada kualifikasi Olimpiade. Namun, Chen Long (31 tahun), saat ini berada di peringkat kelima, sementara Shi Yuqi (24 tahun) berada di posisi kesembilan dalam Race to Tokyo, yang menempatkan mereka pada posisi yang lebih kuat.

Lin Dan memenangkan medali emas Olimpiade Beijing 2008 dan London 2012, mengalahkan musuh bebuyutannya, Lee Chong Wei di final, tetapi kini telah memudar kejayaannya, seiring dengan makin bertambahnya usia.

Persaingan Lee Chong Wei dan Lin Dan dianggap sebagai yang terbesar dalam sejarah tunggal putra dan mereka telah bermain sebanyak 40 kali selama lebih dari satu dekade terakhir.

Artikel Tag: lin dan, lee chong wei, Chen Long, Shi Yuqi, olimpiade tokyo 2020

591  
Komentar

Terima kasih. Komentar Anda sudah disimpan dan menunggu moderasi.

Nama
Email
Komentar
160 karakter tersisa

Belum ada komentar.

Jadilah yang pertama berkomentar disini