Lee Chong Wei Ragu Dengan Performa Chen Long di Olimpiade Tokyo

Penulis: Yusuf Efendi
Selasa 13 Jul 2021, 02:00 WIB
Lee Chong Wei Ragu Dengan Performa Chen Long di Olimpiade Tokyo

Chen Long-Lee Chong Wei-Lin Dan/[Foto:Thestar]

Ligaolahraga.com -

Berita Badminton : Chef-de-mission tim Malaysia, Datuk Lee Chong Wei tidak yakin seperti apa bentuk performa juara bertahan Chen Long saat ia melangkah ke lapangan di Olimpiade Tokyo akhir bulan ini.

Undian bulu tangkis tunggal putra berpotensi melihat juara All England Lee Zii Jia, peraih medali potensial untuk Malaysia di Jepang, menghadapi bintang China di babak 16 besar.

Lee Chong Wei, yang kalah dari Chen Long di laga penentuan Olimpiade Rio lima tahun lalu, tidak terkesan dengan apa yang dia lihat dari mantan rivalnya baru-baru ini.

"Sulit untuk mengukur Chen Long secara akurat saat ini karena saya belum pernah melihatnya berkompetisi di kompetisi internasional selama lebih dari setahun," kata Chong Wei kemarin.

"Yang saya lihat hanyalah beberapa turnamen lokal (domestik China) dan kompetisi yang dia ikuti. Dia tidak dalam performa yang bagus di pertandingan itu, tapi kami tidak tahu kondisi seperti apa yang akan dia hadapi saat Olimpiade Tokyo dimulai."

“Saya tidak berpikir saya bisa memanfaatkan terlalu banyak pengalaman saya bermain melawan dia di Rio karena dia telah banyak berubah sebagai pemain selama beberapa tahun terakhir," ungkapnya.

"Secara taktik, dia benar-benar berbeda dan telah menambahkan beberapa keterampilan baru di bawah pelatih baru. Saya pikir lebih penting untuk memikirkan diri kita sendiri dan persiapan kita daripada tentang lawan kita."

Lee Zii Jia mengalahkan Chen Long di perempat final All England tahun lalu tetapi keduanya tidak bermain sejak saat itu. Lee Chong Wei menambahkan bahwa dia akan tetap berhubungan dengan pelatih tunggal putra nasional Hendrawan sepanjang Olimpiade.

“Sejauh ini saya cukup senang dengan persiapan tim bulutangkis. Anda bisa lihat mereka dalam kondisi bagus dan terlihat kurus dan secara fisik berarti. Saya telah mendiskusikan beberapa hal dengan pelatih Hendrawan dan akan terus berbicara dengannya."

"Sebagai peraih medali perak Olimpiade dan mantan juara dunia, saya percaya Hendrawan dapat berbagi pengalaman berharga dengan para pemain seperti yang dia lakukan dengan saya di Rio."

Lee Chong Wei menekankan bahwa seluruh kontingen nasional harus tetap kuat mental jika mereka berharap untuk melakukannya dengan baik di Tokyo.

"Saya telah ke Olimpiade empat kali sebagai pemain, tetapi saya tidak pernah mengalami hal seperti ini (situasi pandemi)," tambah Chong Wei.

“Mempersiapkan Olimpiade ini pasti tiga atau empat kali lebih keras, jadi kami harus tetap kuat secara mental."

"Dengan waktu kurang dari dua minggu, perhatian yang biasa dilakukan pada edisi Olimpiade sebelumnya adalah menghindari cedera."

"Kali ini, kita juga harus menghindari tertular Covid-19. Ini lebih penting daripada menghindari cedera karena jika terinfeksi, tidak akan bisa bertanding di Tokyo," pungkasnya.

Lee Chong Wei, karena alasan kesehatan, tidak akan bepergian ke Tokyo tetapi akan menjalankan tugas CDM-nya dari jarak jauh dari Malaysia.

Artikel Tag: lee chong wei, Chen Long, olimpiade tokyo 2020

Published by Ligaolahraga.com at https://www.ligaolahraga.com/badminton/lee-chong-wei-ragu-dengan-performa-chen-long-di-olimpiade-tokyo
776  
Komentar

Terima kasih. Komentar Anda sudah disimpan dan menunggu moderasi.

Nama
Email
Komentar
160 karakter tersisa

Belum ada komentar.

Jadilah yang pertama berkomentar disini