Lee Chong Wei Pensiun, Rivalitas Hebat Dengan Super Dan Tamat

Penulis: Yusuf Efendi
Sabtu 15 Jun 2019, 17:00 WIB
Lee Chong Wei Pensiun, Rivalitas Hebat Dengan Super Dan Tamat

Lin Dan-Lee Chong Wei/[Foto:AFP]

Berita Badminton : Pensiun dengan berlinang air mata, bukan hanya akhir yang menyedihkan bagi karier hebat bulu tangkis Lee Chong Wei, namun itu juga mengakhiri persaingannya yang luar biasa dengan legenda bulu tangkis China, Lin Dan.

Kedua pemain ini mendominasi olahraga ini selama lebih dari satu dekade dan hanya menurun dalam beberapa tahun terakhir karena kekuatan mereka yang jauh berkurang. Keduanya sudah melewati masa jayanya, tetapi Lee Chong Wei terpaksa berhenti setelah didiagnosis menderita kanker hidung tahap awal pada tahun lalu.

"Rencana saya untuk pensiun pada awalnya setelah Olimpiade (2020). Saya membuat keputusan ini karena kesehatan saya," kata Chong Wei.

Chong Wei, peraih tiga medali perak Olimpiade dan Kejuaraan Dunia, telah berhasil mendapatkan perawatan medis tetapi ia belum berlatih sejak April dan harapannya untuk tampil di Olimpiade Tokyo musim panas mendatang menjauh setelah peringkatnya jatuh. Dia berada di peringkat terendah 191 dunia pada minggu ini.

Penggemar bulu tangkis tentu tak akan lupa satu pertandingan Olimpiade terakhir antara Chong Wei dan Lin Dan, yang satu tahun lebih muda dan hampir pasti akan pensiun setelah Tokyo.

"Lin Dan dan saya adalah rival di lapangan, tetapi di luar lapangan kami adalah teman dekat," ungkap Chong Wei.

Chong Wei menghabiskan total 348 minggu sebagai nomor satu dunia tetapi tidak pernah memenangkan gelar juara dunia atau Olimpiade, terutama setelah gagal dalam perebutan gelar dengan musuh bebuyutannya, Lin Dan.

"Saya akan sendirian di lapangan (bulu tangkis) dan tidak ada yang akan menemani saya," ungkap Lin Dan di halaman media sosial Weibo (14/6).

Chong Wei langsung menulis cuitan balasan.

"Saya harap Anda dapat mewujudkan impian Anda dan mencapai Olimpiade kelima kalinya," katanya.

Chong Wei dan Lin Dan sudah saling bertemu sebanyak 40 kali sejak tahun 2004, dengan "Super Dan" sukses memenangkan 28 pertandingan mereka.

Dua bulan lalu, Lin Dan mengatakan bahwa Lee adalah alasan utama dirinya masih terus bertahan meskipun peringkatnya merosot.

"Karena Chong Wei belum pensiun dari dunia bulu tangkis, itu mendorong saya untuk melanjutkan karier saya," kata Lin Dan, dengan tato dan sedikit emosional, sangat kontras Chong Wei yang lebih rendah hati.

"Kami berdua masih berjuang keras untuk mendapat tempat di Olimpiade bersama," tegasnya.

Namun, Lin Dan sekarang akan berjuang sendirian tanpa teman dan musuh bebuyutannya yang paling berat, Lee Chong Wei.

Artikel Tag: lee chong wei, lin dan, Pensiun, olimpiade tokyo 2020

707  
Komentar

Terima kasih. Komentar Anda sudah disimpan dan menunggu moderasi.

Nama
Email
Komentar
160 karakter tersisa

Belum ada komentar.

Jadilah yang pertama berkomentar disini