Lee Chong Wei Pensiun, Lin Dan Persembahkan Lagu

Penulis: Yusuf Efendi
Jumat 14 Jun 2019, 16:00 WIB
Lee Chong Wei Pensiun, Lin Dan Persembahkan Lagu

Lin Dan-Lee Chong Wei/[Foto:AFP]

Berita Badminton : Juara dunia lima kali asal China, Lin Dan mendedikasikan lagu Mandarin 'Peng You Bie Ku' (Don't Cry My Friend) oleh Liu Fang untuk mengucapkan selamat pensiun kepada sahabat dan musuh bebuyutannya, Lee Chong Wei.

"Sekarang saya dibiarkan sendiri, saya tidak lagi memiliki pendamping," kata Lin Dan memposting di platform media sosial China, Weibo.

Mereka bukan hanya rival sengit di panggung internasional, tetapi juga teman terbaik di luar lapangan.

Chong Wei dan Lin Dan sama-sama menyukai mobil dan jam tangan mahal. Mereka bahkan mengundang satu sama lain ke pernikahan mereka. Menariknya, keduanya menikah dengan tunggal putri top di tahun yang sama. Chong Wei mengikat pernikahan dengan mantan juara China Open, Wong Mew Choo setelah pacaran panjang, sementara Lin Dan menikah dengan mantan juara dunia, Xie Xingfang pada tahun 2012.

Ini adalah pertarungan di lapangan yang tak akan dilewatkan oleh para penggemar bulu tangkis di seluruh dunia. Mereka telah bentrok selama 40 kali dengan Lin Dan menang 28 sementara Chong Wei menangi laga 12 kali.

Chong Wei selalu tampil jauh lebih baik di negara asalnya, mengalahkan Lin Dan dua tahun berturut-turut di Malaysia Open (2006 dan 2007).

Banyak orang Malaysia akan mengingat pertandingan di Olimpiade pertama mereka di Beijing pada 2008 di mana mereka berharap Chong Wei akan mengakhiri penantian panjang untuk medali emas Olimpiade. Namun Lin Dan tampil menggila, mengalahkan Chong Wei dalam pertandingan dua game langsung di final. Pertemuan Olimpiade kedua mereka di London pada 2012 juga memilukan bagi Chong Wei.

Chong Wei akhirnya menang atas rival lamanya itu dalam pertemuan ketiga mereka di Olimpiade Rio pada 2016. Keduanya memainkan pertandingan hebat di semifinal dan Chong Wei menang 15-21, 21-11 dan 22-20 setelah bertanding lebih dari satu jam untuk mencapai final.

Mereka saling berpelukan dan bertukar baju sebelum keluar lapangan, sebuah indikasi persahabatan panjang yang mereka nikmati saat mereka menuju ke senja karier masing-masing.

“Saya telah bermain melawan banyak pemain tetapi saya akan selalu menganggap Lee Chong Wei sebagai pesaing terberat saya. Saya menghargai kesempatan untuk melawannya,” Lin Dan dalam sebuah wawancara.

Dengan pengunduran diri Chong Wei, siapa pun bisa menebak apakah dunia bulu tangkis akan bisa menyaksikan persaingan sengit seperti itu lagi.

Artikel Tag: lin dan, lee chong wei, olimpiade tokyo 2020

2399  
Komentar

Terima kasih. Komentar Anda sudah disimpan dan menunggu moderasi.

Nama
Email
Komentar
160 karakter tersisa

Belum ada komentar.

Jadilah yang pertama berkomentar disini