Lee Chong Wei Minta Rekannya Tak Pilih-pilih Turnamen

Penulis: Yusuf Efendi
Selasa 12 Feb 2019, 18:30 WIB
Lee Chong Wei Minta Rekannya Tak Pilih-pilih Turnamen

Lee Chong Wei/[Foto:NST]

Berita Badminton: Federasi Badminton Malaysia (BAM) saat ini tengah mengalami kesulitan keuangan dan hanya mengirim para pemain yang berpotensi untuk meraih gelar di turnamen internasional. Meskipun begitu, Lee Chong Wei berharap rekan-rekannya tetap bersabar dan mengingatkan untuk tidak memilih-milih turnamen karena semuanya sudah diatur oleh federasi.

Mantan pemain nomor satu dunia yang kembali berlatih setelah berjuang melawan kanker hidung, mengakui tantangan keuangan yang dihadapi federasi nasional. Chong Wei juga telah menyarankan rekan setimnya untuk tidak pilih-pilih turnamen tetapi selalu berjuang dan mengerahkan segala kemampuan di setiap pertandingan terutama dengan periode kualifikasi Olimpiade yang semakin dekat.

"Orang-orang yang akan merasakan beban (tantangan keuangan) adalah para pemain. Mereka harus konsisten. Ini bukan saatnya bagi mereka untuk mengeluh karena tidak ingin pergi ke turnamen tertentu. Seharusnya tidak menjadi masalah," kata Chong Wei.

"2019 adalah tahun yang sangat penting karena ini adalah tahun kualifikasi Olimpiade. Anda tidak boleh mengacaukan kesempatan Anda dan Anda harus menunggu selama empat tahun lagi sebelum mengambil kesempatan lagi dan saat itu mungkin sudah terlambat," ungkapnya.

Chong Wei juga menambahkan bahwa para pemain diharapkan fokus pada satu tujuan dan tidak membuang-buang kesempatan.

"Sejauh yang saya tahu, para pemain sudah tahu turnamen yang akan mereka ikuti untuk enam bulan ke depan, jadi fokuslah pada itu. Itu akan menjadi penting pada 1 Mei. Mereka tidak bisa pergi ke turnamen hanya untuk tampil saja."

"BAM hanya dapat merencanakan turnamen, sisanya tergantung pada para pemain dan pelatih, dan seberapa baik mereka bekerja bersama," tambah Chong Wei, yang berharap dapat comeback di Malaysia Open pada bulan April.

Chong Wei, yang didiagnosis menderita kanker hidung tujuh bulan lalu, meyakini bahwa kepergian peraih medali perak Olimpiade, Goh V Shem/Tan Wee Kiong (ganda putra) dan Chan Peng Soon/Goh Liu Ying (ganda campuran) dari BAM untuk menjadi pemain profesional, harus memacu para pemain tim nasional untuk meningkatkan level permainan mereka.

"Pemain senior seperti V Shem/Wee Kiong dan Peng Soon/Liu Ying telah meninggalkan tim nasional. Ini seharusnya memotivasi para pemain muda untuk meningkatkan permainan mereka, karena ini adalah saatnya mereka bersinar," kata Chong Wei.

"Sekarang saatnya bagi mereka untuk membuktikan diri. Inilah yang dibutuhkan oleh bulu tangkis Malaysia, pemain bagus baik di dalam maupun di luar federasi nasional," pungkas pemilik tiga kali medali perak Olimpiade itu.

Artikel Tag: lee chong wei, Lee Zii Jia, Daren Liew, bam

513  
Komentar
Nama
Email
Komentar
160 karakter tersisa

Belum ada komentar.

Jadilah yang pertama berkomentar disini