Lee Chong Wei Meyakini Lee ZIi Jia Akan Jadi Pemain Terbaik Dunia

Penulis: Yusuf Efendi
Selasa 24 Mei 2022, 14:45 WIB
Lee Chong Wei Meyakini Lee ZIi Jia Akan Jadi Pemain Terbaik Dunia

Lee Chong Wei-Lee Zii Jia/[Foto:NST]

Ligaolahraga.com -

Berita Badminton : Lee Chong Wei percaya Lee Zii Jia berada di jalan yang benar untuk menjadi yang terbaik di dunia.

Menurut mantan peringkat 1 dunia itu, Lee Zii Jia tidak hanya dalam performa yang luar biasa saat ini tetapi juga didukung oleh tim profesional yang hebat.

Tim Zii Jia saat ini juga merekrut mantan fisioterapis, Lee Chong Wei, Sandra Fiedler.

Pada hari Minggu, Zii Jia melakukan comeback brilian melawan China Li Shi Feng untuk merebut mahkota Thailand Open di Bangkok. Itu adalah gelar kedua berturut-turut Zii Jia bulan ini setelah memenangkan Kejuaraan Asia (BAC) di Manila.

Pemain berusia 24 tahun itu diperkirakan akan menembus lima besar dunia untuk pertama kali dalam karirnya hari ini, suatu prestasi yang tidak pernah dicapai oleh pebulu tangkis Malaysia lainnya sejak Lee Chong Wei.

"Sejujurnya, saya tidak ingat kapan saya pertama kali menembus lima besar, tetapi itu harus setelah Olimpiade 2004 karena saya ingat kualifikasi sebagai pemain 16 besar saat itu. Yang bisa saya ingat adalah betapa sulitnya tantangan itu setelah saya berhasil masuk ke braket teratas itu,” kata Chong Wei.

"Demikian pula semua mata sekarang akan tertuju pada Zii Jia. Dia adalah orang yang harus dikalahkan. Di sinilah ujian sesungguhnya dimulai - konsistensi dan tetap bebas cedera akan menjadi kuncinya.”

"Di sinilah Sandra masuk. Saya tahu karena saya sudah bekerja dengannya begitu lama. Jika bukan karena Sandra, saya tidak akan menjadi orang yang dikenal orang sekarang," tambah Chong Wei, yang menduduki peringkat 1 dunia selama 349 minggu. , termasuk 199 minggu beruntun dari 21 Agustus 2008, hingga 14 Juni 2012.

Pria berusia 40 tahun itu mendesak Zii Jia untuk memanfaatkan keahlian Sandra dan seluruh timnya dengan baik, dalam usahanya untuk menjadi peringkat 1 dunia.

"Ingat ketika saya hampir melewatkan Olimpiade 2012 karena cedera setelah Piala Thomas di China? Sandra-lah yang membuat saya bangkit kembali,” katanya.

"Faktanya, bahkan ketika saya sampai di London, saya tidak dalam kondisi terbaik, tetapi perlahan-lahan dengan bantuan Sandra, saya berhasil melewatinya. Zii Jia beruntung karena dia akan bisa merencanakan turnamennya, dan dengan tim yang solid di sisinya, saya tidak berpikir tidak mungkin dia menjadi yang terbaik segera.”

"Satu-satunya saran saya kepadanya adalah berlatih keras, merencanakan dengan baik dan menghindari cedera," tambah Chong Wei, yang gantung raket pada 2019.

Menurut pelatih Indonesia Zii Jia, Indra Wijaya, pemain kelahiran Kedah itu akan beristirahat sejenak sebelum mempersiapkan diri menghadapi Indonesia Open di Jakarta pada 14-19 Juni mendatang.

Artikel Tag: lee chong wei, Lee Zii Jia

Published by Ligaolahraga.com at https://www.ligaolahraga.com/badminton/lee-chong-wei-meyakini-lee-zii-jia-akan-jadi-pemain-terbaik-dunia
2629  
Komentar

Terima kasih. Komentar Anda sudah disimpan dan menunggu moderasi.

Nama
Email
Komentar
160 karakter tersisa

Belum ada komentar.

Jadilah yang pertama berkomentar disini