Lee Chong Wei Berharap Federasi Terus Dukung Para Pemain

Penulis: Yusuf Efendi
Sabtu 13 Jul 2019, 16:00 WIB
Lee Chong Wei Berharap Federasi Terus Dukung Para Pemain

Lee Chong Wei/[Foto:Thestar]

Berita Badminton : Chef de mission Olimpiade Tokyo 2020 asal Malaysia, Datuk Lee Chong Wei berharap para pejabat federasi akan terus mendukung atlet mereka meskipun mengalami pasang surut.

Ini adalah permohonan pribadi Chong Wei setelah mengalami perlakuan berbeda dari para pejabat saat dirinya aktif sebagai pemain selama dua dekade. Dia berharap bahwa para pejabat akan terus melayani para atlet dengan baik terutama menjelang Olimpiade Tokyo tahun depan.

“Banyak pejabat muncul ketika saya berada di puncak tetapi mereka tidak ada di sana ketika saya terpuruk. Saya sudah melihat ini terjadi tahun demi tahun,” kata Chong Wei, yang pensiun dari bulu tangkis bulan lalu setelah memilih untuk mengutamakan kesehatannya.

“Saya tahu siapa teman saya yang sebenarnya ketika keadaan sulit. Beberapa menghilang ketika para atlet sangat membutuhkan mereka."

“Saya berharap semua pejabat olahraga akan memberikan yang terbaik untuk atlet mereka masing-masing, lebih dari itu ketika mereka terpuruk atau berjuang," ungkapnya.

Kemarin, Chong Wei mengucapkan terima kasih kepada banyak pejabat tetapi secara khusus menyebutkan Datuk Seri Norza Zakaria karena mendukungnya selama hari-hari paling suram dalam karirnya ketika ia dihukum BWF selama delapan bulan karena penggunaan deksametason zat terlarang pada tahun 2015. Norza saat ini adalah presiden Federasi Badminton Malaysia (BAM) dan Dewan Olimpiade Malaysia (OCM).

Chong Wei mengatakan bahwa kariernya bisa berakhir lebih awal jika bukan karena Norza dan beberapa teman lain yang membantunya mengatasi kasus doping.

“Kemudian, dia hanya wakil presiden BAM tetapi dia berusaha keras untuk mendukung saya. Melalui Menteri Olahraga (Khairy Jamaluddin), mereka menyewa pengacara terbaik untuk saya,” kenang Chong Wei kala itu.

“Itu adalah salah satu dari delapan bulan tersulit dalam hidup saya, tetapi Norza menelepon empat hingga lima kali setiap minggu untuk memastikan saya baik-baik saja."

“Tidak masalah baginya apakah saya berhasil kembali sebagai pemain bulu tangkis pada saat itu, yang ia inginkan hanyalah memastikan bahwa saya akan memiliki masa depan yang baik,” lanjut Chong Wei.

Berkat dukungan yang luar biasa, Chong Wei akhirnya mampu comeback luar biasa hingga kemudian memenangkan medali perak di Olimpiade Rio de Janeiro 2016 lalu.

Artikel Tag: lee chong wei, Norza Zakaria, bam

464  
Komentar

Terima kasih. Komentar Anda sudah disimpan dan menunggu moderasi.

Nama
Email
Komentar
160 karakter tersisa

Belum ada komentar.

Jadilah yang pertama berkomentar disini