Lee Chong Wei Akan Umumkan Pensiun Hari Ini?

Penulis: Yusuf Efendi
Kamis 13 Jun 2019, 11:00 WIB
Lee Chong Wei Akan Umumkan Pensiun Hari Ini?

Lee Chong Wei/[Foto:Thestar]

Berita Badminton : Setelah 19 tahun mengabdi, ikon bulu tangkis Malaysia, Lee Chong Wei tampaknya akan menggantungkan raketnya dan mengakhiri karier profesionalnya yang fantastis.

Pemain bulu tangkis paling sukses di negara itu dengan 69 gelar juara, akan menggelar konferensi pers di kantor Kementerian Pemuda dan Olahraga pada Kamis (13/6) yang diyakini akan mengumumkan keputusannya untuk meninggalkan olahraga yang sudah ia geluti selama puluhan tahun.

Chong Wei telah bertemu dengan Menteri Pemuda dan Olahraga, Syed Saddiq, Syed Abdul Rahman, dan Presiden Federasi Badminton Malaysia (BAM), Datuk Seri Norza Zakaria, untuk mendapatkan berkah agar dapat dengan mudah menghindari kambuhnya kanker hidungnya, seperti yang sudah dijelaskan oleh sang dokter.

Syed Saddiq dan Norza juga akan hadir di konferensi pers. Menteri Pemuda dan Olahraga itu juga membenarkan bahwa dia telah bertemu dengan Chong Wei tetapi tidak ingin mengungkapkan rinciannya.

"Kami mendukung dan menghormati keputusan apa pun yang dibuat Chong Wei. Kami tidak akan melupakan kontribusinya kepada bangsa ini," kata Syed Saddiq.

Peraih tiga kali medali perak Olimpiade berusia 36 tahun itu didiagnosis menderita kanker hidung pada Juli tahun lalu. Setelah perawatan di Taiwan, ia kembali berlatih pada awal Januari. Namun, latihan tak berlangsung lama dan dia belum terlihat di lapangan bulu tangkis dalam enam minggu terakhir.

Pensiun Chong Wei tidak akan mengherankan karena ia belum bermain secara kompetitif sejak Juli tahun lalu. Dia awalnya ingin kembali di All England pada bulan Maret dan Malaysia Open pada bulan April, tetapi itu tidak terjadi. Waktu juga hampir habis baginya untuk kembali ke kompetisi internasional karena perlindungan peringkat satu tahun akan berakhir pada 14 Agustus.

Tanpa hak istimewa, Chong Wei, sekarang berada di peringkat 190 dunia, tidak akan memenuhi syarat untuk turnamen World Tour level atas, yang menawarkan poin signifikan untuk kualifikasi Olimpiade.

Chong Wei telah menjelaskan sejak awal bahwa Olimpiade Tokyo adalah satu-satunya alasan mengapa dia menunda masa pensiunnya bahkan setelah dia dinyatakan bebas dari kanker pada bulan November.

Chong Wei hanya menjadi runner-up di tiga Olimpiade terakhir di Beijing (2008), London (2012) dan Rio de Janeiro (2016). Dia juga gagal di laga terakhir dalam tiga pertandingan kejuaraan dunia di London (2011), Guangzhou (2013) dan Jakarta (2015).

Artikel Tag: lee chong wei, Misbun Sidek, Norza Zakaria, Pensiun

606  
Komentar

Terima kasih. Komentar Anda sudah disimpan dan menunggu moderasi.

Nama
Email
Komentar
160 karakter tersisa

Belum ada komentar.

Jadilah yang pertama berkomentar disini