Lee Cheuk Yiu, Talenta Terbaik Asia Asal Hong Kong

Penulis: Yusuf Efendi
Kamis 04 Mar 2021, 19:30 WIB
Lee Cheuk Yiu, Talenta Terbaik Asia Asal Hong Kong

Lee Cheuk Yiu/[Foto:Badminton Asia]

Berita Badminton : Lee Cheuk Yiu adalah pemain bulu tangkis Hong Kong, yang saat ini menduduki peringkat 16 dunia di Peringkat Dunia BWF kategori tunggal putra. Dengan lebih dari 137 kemenangan untuk tunggal putra dan ganda putra, Lee Cheuk Yiu jelas merupakan salah satu dari yang terbaik di Asia.

Lahir di Hong Kong, Lee Cheuk Yiu mulai bermain bulu tangkis pada usia 5 tahun yang sangat muda. Dia terinspirasi oleh keluarganya untuk mulai mengambil raket dan berolahraga. Kecintaannya pada permainan berubah serius, dan dia menjadi profesional pada tahun 2010, lebih dari satu dekade lalu. Meskipun dia baru berusia 24 tahun, Lee telah bermain bulu tangkis selama separuh hidupnya.

Lee Cheuk Yiu banyak berkompetisi di kejuaraan junior. Dia berpartisipasi dalam Badminton Asia Youth Under 19 Championships 2012 dan berhasil mencapai Babak 16 besar. Tahun berikutnya dia terus bermain di lebih banyak kompetisi termasuk Kejuaraan Junior Dunia BWF, Junior Jerman, Junior Belanda Internasional dan banyak lagi. Di tahun itu, dia memenangkan medali perak di Asian Youth Games di Nanjing.

Pada tahun 2014, pemain andalan Hong Kong itu mencapai final Kejuaraan Bulu Tangkis Junior Korea Terbuka, kalah dari pemain tuan rumah, Seo Seung Jae. Dia juga mencapai semifinal Junior Jerman. Tapi di tahun yang sama, dia naik podium saat dia memenangkan perunggu di Kejuaraan Junior Asia yang diadakan di Taipei.

Lee Cheuk Yiu terus berkompetisi pada tahun 2015, namun baru pada tahun 2016 dia merebut medali lain di Internasional Singapura, memenangkan perak.

Pada 2017, ia kembali memenangkan medali perak di Belgian International dan Kharkiv International. Namun pada 2017, setelah memenangkan beberapa medali perunggu dan perak, ia akhirnya meraih medali emas.

Di New Zealand Open, Lee mengalahkan lawannya Wang Tzu Wei 11–21, 21–15 dan 22–20 untuk membawa pulang emas! Prestasi luar biasa untuk pemain Hong Kong.

Lee bermain di banyak kompetisi pada tahun 2018, termasuk mencapai semifinal di Hong Kong Open dan memenangkan perak di Singapore International. Pada 2019, ia membantu timnya memenangkan perunggu di Kejuaraan Beregu Campuran Asia, tetapi ini juga tahun di mana ia membawa pulang gelar di Hong Kong Open Super 500, yang merupakan gelar World Tour pertamanya yang cukup kontroversial saat mengalahkan Anthony Ginting di final.

Pada bulan Januari lalu, dia berkompetisi di BWF Tour Asia di Thailand Open dan mencapai perempat final di kedua event tersebut. Kami senang melihatnya bermain lebih banyak dan mencapai hal-hal yang lebih besar.

Artikel Tag: Lee Cheuk Yiu, Hong Kong, Asia

902  
Komentar

Terima kasih. Komentar Anda sudah disimpan dan menunggu moderasi.

Nama
Email
Komentar
160 karakter tersisa

Belum ada komentar.

Jadilah yang pertama berkomentar disini