Justin Hoh Diyakini Bisa Jadi Pemain Top Dunia

Penulis: Yusuf Efendi
Sabtu 25 Jun 2022, 16:00 WIB
Justin Hoh Diyakini Bisa Jadi Pemain Top Dunia

Misbun Sidek-Justin Hoh/[Foto:NST]

Ligaolahraga.com -

Berita Badminton : Pebulutangkis tunggal putra, Justin Hoh pada dasarnya pendiam tetapi dia telah membuat suara keras di panggung internasional. Dan itu membuat direktur pembinaan program junior Datuk Misbun Sidek menjadi pelatih yang bahagia.

Pada hari Kamis, Justin Hoh yang berusia 18 tahun melanjutkan penampilannya yang bagus ketika ia mengangkat gelar tunggal putra di Kroasia Open setelah mengalahkan Nguyen Hai Dang dari Vietnam 21-15, 16-21 dan 21-13.

Itu adalah gelar senior Open keduanya setelah dia memenangkan Bonn International di Jerman minggu lalu. Sebelum menjalankan tugas internasional, Justin menggarisbawahi kemajuan pesatnya dengan memenangkan gelar nasional U-21.

Misbun percaya Justin Hoh akan melangkah lebih jauh karena dia memiliki karisma dan karakter yang sesuai dengan permainannya.

“Saya ingat hari ketika ayahnya meninggal. Dia sedang dalam pelatihan ketika berita itu disampaikan kepadanya. Saya menyuruhnya pulang, tapi dia tetap di belakang untuk menyelesaikan latihannya sebelum pergi,” kata Misbun.

Ayah Justin, Hoh Kim Leong, 58 tahun, meninggal pada 22 November karena serangan jantung.

“Dia kembali setelah dua hari dan tampak lebih bertekad. Ayahnya adalah pendukung besarnya. Permainan Justin mungkin biasa saja, tetapi dia adalah pemain yang berpikir dan seorang pejuang, ”kata Misbun.

Misbun melihat beberapa karakteristik Lee Chong Wei dan atribut Lee Zii Jia di Justin.

“Dia memiliki fisik yang bagus seperti Zii Jia tetapi kami sedang bekerja untuk membangun stamina dan kekuatannya. Dia tidak banyak bicara tetapi menunjukkan barang-barangnya di lapangan. Dia disiplin dan seperti Chong Wei dalam hal itu.”

“Seperti Chong Wei, dia mencoba untuk mendapatkan perhatian saya, dan ingin lebih dalam pelatihan. Aku suka itu. Dia juga pemain ganda yang bagus. Tujuan utamanya tahun ini adalah kejuaraan Dunia Junior dan dia mempersiapkan diri dengan baik untuk itu.”

Selain Justin, ada beberapa junior lain yang menunjukkan peningkatan signifikan sejak Misbun memimpin grup junior, lebih dari 18 bulan lalu. Dan Misbun percaya bahwa Malaysia tidak kekurangan talenta.

“Tugas saya, bersama dengan pelatih lainnya, adalah membantu dan membimbing para pemain ini untuk menyadari potensi mereka. Sebagai mantan pemain, saya telah mencapai puncak permainan, dan saya dapat memimpin para pemain ini melalui jalan yang sama,” kata Misbun.

Salah satu tugas utamanya adalah memberi mereka eksposur yang dibutuhkan dan juga membangun peringkat dunia mereka.

“Saya mengirim Justin sebagai cadangan ke SEA Games Vietnam baru-baru ini. Saya melakukan hal yang sama ketika Chong Wei masih junior. Mereka membawa tas dan hanya menjadi pemain sparring tetapi pengalamannya sangat berharga,” kata Misbun.

“Saya senang bahwa saya mendapat berkah untuk mengirim junior kami ke banyak turnamen untuk membangun permainan dan kepercayaan diri mereka. Sangat penting bahwa mereka memiliki peringkat dunia yang cukup baik sebelum mereka bergabung dengan tim senior.”

Justin Hoh, yang berada di peringkat 700 sebelum dua turnamen internasional itu, kini berada di peringkat 480. Dia diperkirakan akan segera menembus 200 dunia.

Justin berkata: “Saya senang memenangkan bukan hanya satu tetapi dua gelar di sini. Ini baru permulaan karena saya memiliki banyak hal untuk dipelajari dan ditingkatkan di bawah bimbingan pelatih Misbun.”

“Almarhum ayah saya adalah pendukung No. 1 saya dan dia akan selalu begitu. Saya akan terus membuatnya bangga.”

Artikel Tag: Justin Hoh, Misbun Sidek, lee chong wei

Published by Ligaolahraga.com at https://www.ligaolahraga.com/badminton/justin-hoh-diyakini-bisa-jadi-pemain-top-dunia
1525  
Komentar

Terima kasih. Komentar Anda sudah disimpan dan menunggu moderasi.

Nama
Email
Komentar
160 karakter tersisa

Belum ada komentar.

Jadilah yang pertama berkomentar disini