Joo Ven & June Wei Lega Lee Chong Wei Dukung Pemain Profesional Bela Timnas

Penulis: Yusuf Efendi
Selasa 17 Mei 2022, 13:30 WIB
Joo Ven & June Wei Lega Lee Chong Wei Dukung Pemain Profesional Bela Timnas

Lee Chong Wei/[Foto:NST]

Ligaolahraga.com -

Berita Badminton : Pemain independen Cheam June Wei dan Soong Joo Ven telah menyatakan kegembiraannya atas dukungan mantan peringkat 1 dunia Lee Chong Wei untuk pendekatan seleksi terbuka untuk memilih pemain untuk kompetisi tim besar, seperti Piala Thomas.

Keduanya, yang merasa berat karena tersingkir dari Piala Thomas yang baru saja berakhir, percaya bahwa proses seleksi berdasarkan prestasi harus diadopsi oleh BA Malaysia (BAM) untuk memastikan bahwa setiap pemain diberi kesempatan yang sama untuk mewakili negara. .

Pertanyaan diajukan mengenai proses seleksi untuk Piala Thomas menyusul kegagalan Malaysia di Bangkok, yang banyak menyalahkan kurangnya kedalaman tim di tunggal putra.

Malaysia keluar dari perempat final untuk edisi ketiga berturut-turut setelah kalah 3-2 dari India yang akhirnya keluar sebagai juara, yang telah melakukan uji coba terbuka untuk memilih pemain untuk tugas tersebut.

Peringkat dunia 57 Joo Ven dan peringkat 72 June Wei tidak terpilih untuk menghadiri kamp pelatihan untuk Piala Thomas. Sebaliknya, pemain tunggal putra peringkat bawah Aidil Sholeh Ali Sadikin (No. 100), Leong Jun Hao (No. 124), Ong Ken Yon (No. 290) dan Shaqeem Eiman Shahyar (No. 434) menerima panggilan.

BAM kemudian memilih Aidil dan Jun Hao untuk membuat daftar tunggal putra lima anggota, juga terdiri dari tiga pemain top negara itu - Lee Zii Jia, Liew Daren dan Ng Tze Yong.

Joo Ven berharap badan nasional akan mempertimbangkan usulan Lee Chong Wei.

“Saya kira (seleksi) tidak hanya dilakukan untuk Piala Thomas tetapi juga event-event besar lainnya,” kata Joo Ven yang bermain di Thailand Open yang akan berlangsung hari ini.

“Bagi kami yang berada di luar timnas, kami hanya meminta keadilan. Jika BAM merasa tidak perlu melakukan uji coba, maka saya berharap akan memilih pemain sesuai dengan peringkat saat ini dan hasil terbaru.”

"Saya kesal ketika saya dikeluarkan dari Kejuaraan Asia baru-baru ini. Karena itu, saya tidak diberi kesempatan untuk meningkatkan peringkat dunia saya."

June Wei, yang berperan penting dalam membantu Malaysia menjadi runner-up melawan Indonesia di Kejuaraan Beregu Asia 2020, mengatakan dia juga mendukung ide Lee Chong Wei.

"Mari berharap BAM akan memeriksanya," kata June Wei.

“BAM memang membukanya untuk profesional dua tahun lalu (tapi edisi Aarhus akhirnya ditunda hingga 2021). Saya yang nomor 2 di timnas saat itu dan masih harus menjalani seleksi.

“Tapi kali ini, mereka (BAM) baru menyebut skuad. Untuk menanamkan lebih banyak daya saing pada para pemain, mungkin yang terbaik adalah melakukan uji coba untuk acara-acara besar. Pemain terbaik masuk, sesederhana itu,” ungkapnya.

"Pemain nasional kami duduk di zona nyaman mengetahui bahwa mereka diprioritaskan untuk seleksi. BAM harus mulai berpikiran terbuka dan membiarkan pemain independen berlatih dengan pemain nasional.”

“Kita dapat melihat bahwa tunggal putra nasional kekurangan pilihan sparring yang baik. Di Indonesia, pemain independen mereka masih bisa tampil karena mereka berlatih secara teratur dengan tim nasional. Ini telah menciptakan situasi menang-menang karena Indonesia membuat dampak dalam turnamen."

Artikel Tag: lee chong wei, Cheam June Wei, Soong Joo Ven

Published by Ligaolahraga.com at https://www.ligaolahraga.com/badminton/joo-ven-june-wei-lega-lee-chong-wei-dukung-pemain-profesional-bela-timnas
771  
Komentar

Terima kasih. Komentar Anda sudah disimpan dan menunggu moderasi.

Nama
Email
Komentar
160 karakter tersisa

Belum ada komentar.

Jadilah yang pertama berkomentar disini