Jelang Piala Sudirman 2019: Wiranto Minta Doa & Dukungan Rakyat Indonesia

Penulis: Yusuf Efendi
Minggu 12 Mei 2019, 19:00 WIB
Jelang Piala Sudirman 2019: Wiranto Minta Doa & Dukungan Rakyat Indonesia

Wiranto/[Foto:PBSI]

Berita Badminton: Dalam acara pelepasan skuat Piala Sudirman 2019, ketua umum PP PBSI, Wiranto, meminta doa dan dukungan dari seluruh Masyarakat Indonesia agar mampu memboyong kembali piala yang terakhir kali diraih 30 tahun lalu itu.

Wiranto mengatakan bahwa sudah sangat lama Indonesia tak merasakan gelar Piala Sudirman, maka dengan skuat yang cukup kuat, kesempatan kali ini tidak boleh disia-siakan untuk memboyong piala kejuaraan bergengsi beregu campuran itu.

"Kami mohon doa restu dari seluruh masyarakat Indonesia agar atlet-atlet kita yang berjuang di Tiongkok, mudah-mudahan dapat membawa kembali Piala Sudirman ke Indonesia," ujar Wiranto.

Salah satu orang yang bisa menjadi inspirasi para pemain saat ini adalah Susy Susanti. Dalam laga yang digelar di Gelora Bung Karno pada edisi pertama tahun 1989 lalu, Susy yang tertinggal mampu membalikkan keadaan hingga berhasil menyelamatkan Indonesia dari kekalahan.

"Pada saat tertinggal 0-2, kan teorinya satu poin lagi kalah. Tapi tunggal putri penentu bisa main kesetanan, sehingga membalikkan keadaan dan menang. Bukan hanya teknik permainan, tapi juga mental. Jadi para pemain di Piala Sudirman ini harus punya mental seperti Susy di tahun 1989. Apalagi persaingan sekarang semakin ketat," kata Wiranto.

Di kejuaraan Piala Sudirman 2019, Indonesia berkekuatan 20 pemain yang terdiri dari 12 pemain putra dan 8 pemain putri.

Di sektor tunggal putra, Indonesia akan mengandalkan juara Asian Games 2018, Jonatan Christie bersama pemain peringkat 7 dunia, Anthony Sinisuka Ginting. Ganda putra turun dengan kekuatan penuh dengan tiga pasangan yakni, Kevin Sanjaya Sukamuljo/Marcus Fernaldi Gideon, Mohamad Ahsan/Hendra Setiawan dan Fajar Alfian/Muhammad Rian Ardianto.

Tunggal putri akan bergantung pada Gregoria Mariska Tunjung dan Fitriani, sementara ganda putri ada pasangan peringkat 5 dunia, Greysia Polii/Apriyani Rahayu.

Sementara ganda campuran mengirim pasangan peringkat 6 dunia, Hafiz Faisal/Gloria Emanuella Widjaja dan peringkat 8 dunia, Praveen Jordan/Melati Daeva Oktavianti.

Artikel Tag: Jonatan Christie, Anthony Sinisuka Ginting, Gregoria Mariska Tunjung, Piala Sudirman 2019

557  
Komentar

Terima kasih. Komentar Anda sudah disimpan dan menunggu moderasi.

Nama
Email
Komentar
160 karakter tersisa

Belum ada komentar.

Jadilah yang pertama berkomentar disini