Jelang Keberangkatan, Tim Indonesia Antisipasi Penularan Virus Corona

Penulis: Yusuf Efendi
Sabtu 08 Feb 2020, 16:30 WIB
Jelang Keberangkatan, Tim Indonesia Antisipasi Penularan Virus Corona

Mohammad Ahsan-Hendra Setiawan/[Foto:PBSI]

Ligaolahraga.com -

Berita Badminton: Para pebulu tangkis Indonesia akan kembali tampil di turnamen Internasional yang bertajuk Kejuaraan Beregu Asia 2020 pada pekan depan di Manila, Filipina.

Para pemain dijadwalkan akan berangkat pada hari Sabtu (8/2) sore ini dari Bandara Soekarno-Hatta, Tangerang, Banten, untuk tampil pada kejuaraan yang juga menjadi ajang kualifikasi untuk Piala Thomas dan Uber 2020 di Aarhus, Denmark pada Mei mendatang.

Menghadapi merebaknya virus corona yang semakin luas, Persatuan Bulu Tangkis Seluruh Indonesia (PBSI) tentunya juga menyiapkan langkah-langkah preventif untuk menghadapi ancaman ini dengan membawa kebutuhan medis dan tim dokter. Apalagi, pada pekan lalu, Filipina telah melaporkan kasus kematian pertama di negara itu yakni seorang kewarganegaraan China.

Secara keseluruhan, korban tewas dari virus yang berasal dari kota Wuhan ini telah berjumlah lebih dari 700 orang meninggal dunia dan menginfeksi lebih dari 4000 orang di China.

Bagi Sekretaris Jenderal PBSI, Achmad Budiharto, para pemain sebisa mungkin menghindari tempat-tempat yang biasa menjadi penularan seperti toilet umum dan meminimalis kontak fisik dengan orang asing yang belum dikenal.

"Sudah kami siapkan, sudah ada antisipasi. Saya baru dapat penjelasan dari dokter, bahwa penularan virus bisa terjadi kalau terjadi kontak langsung, artinya virus itu masuk bukan melalui udara. Misalnya ada orang yang terkontaminasi yang batuk atau bersin, ditutup pakai tangan. Lalu tangannya menyentuh benda lain dan bendanya disentuh orang lain, bisa saja virusnya masuk dari tigaentry yaitu mata, hidung dan mulut, artinya ada kontak langsung secara fisik, ini yang kami coba antisipasi," jelas Achmad Budiharto.

Selain berfungsi sebagai kualifikasi Piala Thomas dan Uber 2020, Kejuaraan Beregu Asia 2020 juga menawarkan poin untuk peringkat kualifikasi Olimpiade bagi para pemain. Hal ini tentunya akan membuat kejuaraan diprediksi menjadi semakin ketat.

Artikel Tag: Virus Corona, PBSI, Kejuaraan Beregu Asia 2020

Published by Ligaolahraga.com at https://www.ligaolahraga.com/badminton/jelang-keberangkatan-tim-indonesia-antisipasi-penularan-virus-corona
1265  
Komentar

Terima kasih. Komentar Anda sudah disimpan dan menunggu moderasi.

Nama
Email
Komentar
160 karakter tersisa

Belum ada komentar.

Jadilah yang pertama berkomentar disini