Jaga Keselamatan Atlet Bulu Tangkis, Pelatnas Tetap Berjalan dengan Ketentuan Khusus

Penulis: Yusuf Efendi
Jumat 10 Apr 2020, 16:30 WIB
Jaga Keselamatan Atlet Bulu Tangkis, Pelatnas Tetap Berjalan dengan Ketentuan Khusus

Greysia Polii/[Foto:PBSI]

Berita Badminton: Demi menjaga kebugaran para atlet, Persatuan Bulutangkis Seluruh Indonesia (PBSI) tetap mengadakan Pelatnas di Cipayung meskipun dengan ketentuan-ketentuan yang sudah ditetapkan oleh pemerintah terkait penyebaran pandemi Covid-19 .

Tak seperti Federasi Badminton India (BAI) dan Federasi Badminton Malaysia (BAM) yang melakukan kebijakan memulangkan para pemainnya kerumah masing-masing dan menjalani pelatihan secara online lewat aplikasi, PBSI memutuskan memilih mengisolasi para pemain di Cipayung setelah pemeriksaan rapid test beberapa waktu lalu dinyatakan bahwa semua penghuni Pelatnas negatif virus corona yang mematikan.

PBSI menilai bahwa para atlet akan lebih aman ketika berada di Pelatnas karena akan selalu terkontrol terkait kondisi kesehatan oleh tim dokter yang siap menjaga 24 jam para pemain.

Dalam penerapan social distancing dan physical distancing, PBSI sudah menggelar jajak pendapat dengan Komisi X DPR dan memastikan bahwa para atlet selalu menerapkan apa yang sudah menjadi ketentuan yang sudah ditetapkan demi kebaikan bersama.

Latihan yang diadakan di Pelatnas mencakup pelatihan fisik di gym yang difokuskan untuk menjaga kebugaran para pemain dan beberapa teknik dari para pelatih untuk menjaga feeling para pemain agar selalu terjaga.

"Pada dasarnya kesehatan dan keselamatan atlet adalah yang utama. Pelatnas merupakan area karantina tertutup, kami akan tetap menjalankan ketentuan kesehatan dari pemerintah seperti physical distancing, PBSI pun sudah membuat protokol yang ketat terkait hal ini," ujar Budiharto, dilansir dari situs resmi PBSI.

Provinsi DKI Jakarta mulai hari ini (10/4) sudah menerapkan PSBD (Pembatasan Sosial Berskala Besar), meski begitu PBSI berharap pelatihan akan tetap berjalan dengan protokol yang sudah ditetapkan dan terus dalam pengawasan ketat tim dokter.

"Kami juga memperhatikan masukan tentang PSBB (Pembatasan Sosial Berskala Besar), yang tidak membolehkan adanya kegiatan berkumpul lebih dari lima orang. PBSI akan meminta dispensasi lewat Kemenpora dan suratnya akan kami ajukan besok," lanjut Budiharto.

Artikel Tag: PBSI, pelatnas cipayung, Virus Corona

815  
Komentar

Terima kasih. Komentar Anda sudah disimpan dan menunggu moderasi.

Nama
Email
Komentar
160 karakter tersisa

Belum ada komentar.

Jadilah yang pertama berkomentar disini