Jadwal BWF World Tour Tahun Depan Mungkin Akan Dikurangi

Penulis: Yusuf Efendi
Minggu 27 Sep 2020, 15:30 WIB
BWF Kemungkinan Kurangi World Tour Tahun Depan

Podium Ganda Putra All England 2020/[Foto:PBSI]

Berita Badminton : Akankah World Tour Federasi Badminton Dunia ( BWF ) tahun depan melihat jadwal yang lebih ramping dan lebih kejam untuk dimainkan setelah serangkaian kejuaraan yang ditunda tahun ini?

Semua tanda mengarah ke kemungkinan itu setelah keputusan terbaru badan dunia itu untuk mencapai puncak musim 2020 hanya pada Januari tahun depan.

Thailand akan menggelar dua turnamen Open mulai 12 hingga 17 Januari dan 19 hingga 24 Januari di Bangkok dan akan diikuti dengan World Tour Finals pada 27 hingga 31 Januari mendatang.

Ketiga leg Asia ini awalnya dijadwalkan pada bulan November, tetapi BWF berubah pikiran karena mereka merasa bahwa mereka "tidak akan dapat menjamin standar keselamatan tertinggi turnamen".

Keputusan tersebut akan membuat tiga turnamen Masters beruntun untuk Januari di Thailand (12-17), Malaysia (19-24) dan Indonesia (26-31 Jan) akan didorong ke tanggal-tanggal berikutnya.

Tetapi masih harus dilihat apakah turnamen ini dapat menemukan tanggal baru karena jadwal padat musim depan.

Sudah ada 36 turnamen World Tour yang terdaftar dalam kalender sementara BWF 2021 dan ini tidak termasuk pertandingan besar lainnya seperti Olimpiade Tokyo (23 Juli-8 Agustus), Kejuaraan Dunia di Huelva, Spanyol (29 November-5 Desember), Piala Sudirman di Suzhou, China (23-30 Mei), dan kejuaraan Piala Thomas dan Uber yang ditunda dan diharapkan berlangsung setelah Olimpiade.

Ada juga kejuaraan kontinental dan ajang beregu campuran di bulan Februari yang berfungsi sebagai kualifikasi Piala Sudirman serta pertandingan perorangan yang akan berujung dengan kualifikasi Olimpiade pada pekan terakhir bulan April.

Manajer Hubungan Internasional Persatuan Bulutangkis Seluruh Indonesia (PBSI) Bambang Rudy Roedyanto mengatakan itu akan kacau dengan segala sesuatu yang didorong kembali ke 2021.

“Yang bisa kami harapkan hanyalah kabar baik di akhir tahun. Belum sampai vaksin Covid-19 ditemukan, saya kira masih ada ketidakpastian,” kata Rudy yang juga ketua panitia acara Badminton Asia.

“Tampaknya BWF tidak yakin situasinya akan kembali normal dalam tiga bulan pertama tahun depan," jelasnya.

Artikel Tag: BWF, World Tour, thailand

731  
Komentar

Terima kasih. Komentar Anda sudah disimpan dan menunggu moderasi.

Nama
Email
Komentar
160 karakter tersisa

Belum ada komentar.

Jadilah yang pertama berkomentar disini