Jadi Pemain Top Dimulai Dari Kejuaraan Junior Eropa 2020

Penulis: Yusuf Efendi
Sabtu 24 Okt 2020, 16:30 WIB
Para Pemain Top Berasal Dari Kejuaraan Junior Eropa

Pontus Jantti/[Foto:Badmintoneurope]

Berita Badminton : Minggu depan, talenta muda top Eropa akan turun ke Lahti, Finlandia, untuk Kejuaraan Junior Eropa 2020 dengan satu tujuan bersama, untuk membuat nama untuk diri mereka sendiri.

Dengarkan dari mantan Juara EJC untuk mempelajari cara melakukannya. Finlandia dengan bangga menjadi tuan rumah acara untuk ketiga kalinya sejak lahirnya acara pada tahun 1969. Sepanjang tahun tujuh puluhan dan delapan puluhan, medali emas didominasi oleh tiga negara, Denmark, Inggris dan Swedia.

Seorang pria yang mematahkan tren ini adalah pahlawan lokal Finlandia, Pontus Jantti, yang memenangkan emas tunggal putra tahun 1987.

"Dunia sangat berbeda dari hari ini. Itu di Warsawa, Polandia, dan saya diunggulkan nomor satu. Saya diharapkan menang sehingga saya bisa merasakan tekanan," ingat Pontus Jantti.

Pertandingan dimulai dengan baik untuk Fin, tetapi di semifinal, dia berjuang melawan Thomas Madsen dari Denmark tetapi berhasil memenangkannya dalam tiga pertandingan.

Di final, melawan Michael Sögaard dari Denmark, Pontus Jantti bermain dengan percaya diri dan menang dalam pertandingan dua game langsung.

"Setelah menang saya sangat senang dan juga lega telah mengatasi tekanan menjadi favorit. Memenangkan tim Eropa telah menjadi tujuan saya selama bertahun-tahun, jadi rasanya sangat menyenangkan," kenangnya.

Junior hingga Senior

Saat-saat seperti ini mendebarkan bagi pemain, tetapi signifikansi dari peristiwa yang berpotensi mengubah hidup mungkin tidak meresap sampai lama kemudian. Untuk Jäntti, dia dapat berbicara tentang bagaimana momen ini, yang terjadi 33 tahun lalu, membentuk karirnya.

"Itu adalah salah satu langkah dalam perjalanan saya ke sirkuit senior. Dengan judul tersebut, saya juga mendapat cukup banyak liputan media di Finlandia dan itu memudahkan saya mendapatkan beberapa sponsor. Dengan dukungan dari sponsor saya, saya bisa mulai bermain secara profesional dan bisa melakukan perjalanan ke turnamen dan pelatihan di Eropa dan Asia. Bulu tangkis pada saat itu masih merupakan olahraga kecil di Finlandia dan penting untuk bepergian ke luar negeri tidak hanya untuk turnamen tetapi juga untuk menemukan beberapa mitra pelatihan yang baik."

Hingga saat ini, Pontus Jantti adalah satu-satunya pemain Finlandia yang memenangkan emas di Kejuaraan Junior Eropa. Ditanya bagaimana perasaannya tentang ini, dia menjawab dengan serius.

"Tentu saja, saya sangat bangga akan hal itu dan seiring berjalannya waktu, saya mulai lebih menghargai gelar tersebut karena saya perhatikan bahwa tidak mudah untuk mencapainya. Pada saat yang sama, saya berharap bahwa beberapa pemain Finlandia akan memenangkan gelar di masa depan karena menurut saya ini akan membawa banyak publisitas yang baik dan dapat memotivasi pemain muda Finlandia."

Ini mungkin bisa berubah pada tahun 2020, dengan talenta lokal seperti Joakim Oldorff unggulan nomor tiga di tunggal putra dan Nella Nyqvist, yang memenangkan emas tunggal putri di Kejuaraan Eropa U15 2020 dan datang ke turnamen tersebut pada usia 14 tahun.

Artikel Tag: junior, Eropa, Pontus Jantti

554  
Komentar

Terima kasih. Komentar Anda sudah disimpan dan menunggu moderasi.

Nama
Email
Komentar
160 karakter tersisa

Belum ada komentar.

Jadilah yang pertama berkomentar disini