Indonesia Tanpa Jonatan Christie, Pemain Malaysia Tak Akan Buang Peluang

Penulis: Yusuf Efendi
Minggu 01 Des 2019, 20:30 WIB
Indonesia Tanpa Jonatan Christie, Pemain Malaysia Tak Akan Buang Peluang

Jonatan Christie/[Foto:Thestar]

Berita Badminton: Jalan untuk meraih emas nomor individu menjadi lebih mudah dengan absennya juara bertahan yang juga bintang bulu tangkis asal Indonesia, Jonatan Christie. Namun pemain tunggal putra tim nasional Malaysia, Lee Zii Jia menegaskan ia tidak akan terlena karena masih banyak pemain potensial yang mempunyai peluang besar untuk membawa medali emas.

Dalam perubahan rencana awal pekan ini, PBSI telah memutuskan untuk menurunkan pemain lapis kedua, yakni Shesar Hiren Rustavito dan Firman Abdul Kholik, untuk turnamen individu karena pemain peringkat 6 dunia Jonatan akan berkonsentrasi pada BWF World Tour Finals di Guangzhou mulai 11-15 Desember mendatang.

Sebagai gantinya, PBSI memperkuat susunan pemain di turnamen beregu putra dengan menambahkan pemain peringkat 8 dunia, Anthony Ginting, untuk memperbesar peluang meraih emas keenam secara beruntun di turnamen beregu putra.

Zii Jia percaya ketidakhadiran Jonatan akan membuat perbedaan pada peluangnya untuk memenangkan emas nomor individu.

“Saya tidak akan berpikir peluang saya menjadi lebih baik dengan Jonatan keluar. Jika saya berpikir seperti itu, saya akan memberi diri saya tekanan yang tidak perlu. Target saya tetap ingin medali dengan warna apa pun,” kata Zii Jia.

Selain Jonatan, pemain veteran Vietnam yang juga peraih medali perunggu tiga kali, Nguyen Tien Minh juga dipaksa mundur karena cedera paha yang diderita pekan lalu.

Dua tunggal putra Malaysia, Zii Jia dan Soong Joo Ven akan menghadapi persaingan dari para pemain seperti Shesar, duo Thailand, Kantaphon Wangcharoen dan Khosit Phetpradab serta Loh Kean Yew asal Singapura.

Undian kompetisi nomor individu akan dilakukan setelah selesainya turnamen beregu pada Selasa (3/12).

“Saya tidak punya preferensi. Untuk menjadi juara, Anda hanya perlu mengatasi setiap orang di jalur Anda," kata Zii Jia.

"Jadi, saya siap untuk menghadapi siapa pun," tegasnya. Malaysia akan memulai turnamen melawan tim Filipina di perempat final hari ini (1/12). Kemenangan kemungkinan akan mempertemukan mereka dengan tim kuat Singapura di babak empat besar.

Artikel Tag: Jonatan Christie, Lee Zii Jia, Sea Games 2019

8641  
Komentar

Terima kasih. Komentar Anda sudah disimpan dan menunggu moderasi.

Nama
Email
Komentar
160 karakter tersisa

Belum ada komentar.

Jadilah yang pertama berkomentar disini