India Girang Lee Zii Jia Mundur Dari Commonwealth Games

Penulis: Yusuf Efendi
Senin 27 Jun 2022, 19:30 WIB
India Happy Lee ZIi JIa Mundur Dari Commonwealth Games

Lakshya Sen-Kidambi Srikanth/[Foto:Olympic]

Ligaolahraga.com -

Berita Badminton : Lee Zii Jia, salah satu prospek peraih medali emas untuk Commonwealth Games mendatang, telah memutuskan untuk melewatkan acara tersebut untuk fokus pada Kejuaraan Dunia, kata pebulutangkis Malaysia itu pada Rabu. Dan ini tentu mencerahkan prospek salah satu pebulutangkis India untuk menyabet medali emas di Birmingham.

Commonwealth Games 2022 akan diadakan di Birmingham pada 28 Juli hingga 8 Agustus, sedangkan Kejuaraan Dunia, yang akan dimainkan di Tokyo, akan dimulai pada 22 Agustus mendatang.

Seperti dilansir New Straits Times, Lee mengatakan, “Saya telah memutuskan untuk tidak bermain di Commonwealth Games, dan itu adalah keputusan yang sulit, yang saya buat setelah berbicara dengan tim saya.”

Saya telah bermain tanpa henti dan perlu menjaga kondisi tubuh saya. Saya ingin berada dalam kondisi terbaik saya untuk pertandingan dunia," kata Lee, yang bertujuan menjadi pemain pertama dari negaranya yang memenangkan gelar Kejuaraan Dunia.

Lee Chong Wei, salah satu pebulu tangkis terbaik dari Malaysia, finis sebagai runner-up pada empat kesempatan (Runner-up 2014-nya dihapus dari catatan karena doping). Lee Chong Wei yang pensiun pada 2019, juga meraih emas tunggal putra pada edisi CWG terakhir empat tahun lalu di Gold Coast, Australia.

Dengan mundurnya peringkat lima dunia Lee Zii Jia, berikut adalah calon pesaing untuk medali emas di CWG 2022 di Birmingham...

Lakshya Sen

Lakshya menjadi pusat perhatian dengan finis medali perunggu di Kejuaraan Dunia 2021 di Huelva. Pebulutangkis kelahiran Almora memulai 2022 dengan memenangkan India Open, gelar Super 500 pertamanya. Pemain peringkat 10 dunia, Lakshya Sen juga menjadi pebulu tangkis putra India pertama yang mencapai final All England Open dalam 21 tahun. Kenaikan drastis dalam peringkat untuk Lakshya memungkinkan tim India untuk memiliki kedalaman yang diperlukan dalam skuad yang akhirnya membantu dalam kemenangan Piala Thomas perdananya.

Kidambi Srikanth

Srikanth belum memenangkan gelar individu tahun ini dengan penampilan terbaiknya mencapai semifinal di Swiss Terbuka dan Korea Terbuka. Namun, peraih medali perak kejuaraan dunia Srikanth memiliki peran penting di India memenangkan Piala Thomas 2022 saat ia tidak terkalahkan sepanjang turnamen. Srikanth No. 11 Dunia muncul sebagai pemenang dalam semua enam pertandingan tunggal yang dia mainkan termasuk satu di final melawan Jonatan Christie dari Indonesia. Empat tahun lalu di final tunggal di Gold Coast Commonwealth Games, Srikanth kalah dari Lee Chong Wei dalam tiga game pertandingan.

HS Prannoy

Seperti Srikanth, Prannoy peringkat 21 dunia juga belum merasakan banyak kesuksesan di nomor individu tahun ini. Laju terdalamnya pada 2022 adalah final Swiss Open. Namun, Prannoy adalah bintang terbesar dari kemenangan Piala Thomas India saat pemain berusia 29 tahun itu memenangkan pertandingan tunggal ketiga yang menentukan di perempat final dan semifinal. Prannoy finis keempat di Commonwealth Games sebelumnya.

Loh Kean Yew

Loh Kean Yew dari Singapura mengejutkan semua orang dengan gelar Kejuaraan Dunia yang diraihnya di Huelva tahun lalu. Loh kalah di final India Open dari Lakshya dan sejak itu, hasil terbaiknya adalah finis semifinal di Indonesia Masters. Namun, para pemain India tidak akan meremehkan pemain nomor sembilan dunia yang memiliki refleks luar biasa dan cukup sulit dihentikan begitu dia berada dalam performa terbaik.

Mengapa ketidakhadiran Lee Zii Jia signifikan?

Lee Zii Jia menjalani musim 2022 yang solid. Dia memenangkan Kejuaraan Asia (baik tim dan individu) dan Thailand Open saat mencapai semifinal di German Open, All England Open dan baru-baru ini, Indonesia Open. Dia memiliki rekor menang-kalah yang mengesankan 28-4. Gaya permainannya yang agresif telah menyusahkan hampir semua orang di kompetisi dengan kemungkinan pengecualian kala menghadapi juara Olimpiade Viktor Axelsen dari Denmark.

Meskipun Lee ZIi JIa tidak menghadapi Srikanth dan Prannoy tahun ini, dia telah memenangkan kedua pertemuannya melawan Loh Kean Yew dan satu dari dua melawan Lakshya.

Pebulutangkis tunggal putra Malaysia terbaik berikutnya setelah Lee adalah Liew Daren yang saat ini berada di peringkat 30 dunia.

Artikel Tag: Lee Zii Jia, Lakshya Sen, kidambi srikanth, Loh Kean Yew, Commonwealth Games 2022

Published by Ligaolahraga.com at https://www.ligaolahraga.com/badminton/india-girang-lee-zii-jia-mundur-dari-commonwealth-games
1590  
Komentar

Terima kasih. Komentar Anda sudah disimpan dan menunggu moderasi.

Nama
Email
Komentar
160 karakter tersisa

Belum ada komentar.

Jadilah yang pertama berkomentar disini