banner babe

Hendrawan Terima Tantangan Tetap Tangani Malaysia

Penulis: Yusuf Efendi
Selasa 09 Jul 2019, 19:00 WIB
Hendrawan Terima Tantangan Tetap Tangani Malaysia

Lee Zii Jia-Hendrawan/[Foto:Thestar]

Berita Badminton : Pelatih tunggal putra tim nasional, Hendrawan sedang mempersiapkan diri untuk peran pendukung di sektor tunggal putra setelah Datuk Lee Chong Wei memutuskan pensiun pada bulan lalu.

Namun pelatih asal Indonesia itu mendapatkan lebih banyak tawaran ketika dia diberikan dua tanggung jawab utama, yakni mencetak pemenang di Olimpiade Tokyo 2020 dan membentuk tim tunggal putra yang solid untuk putaran final Piala Thomas tahun depan di Aarhus, Denmark.

Pelatih kepala Federasi Badminton Malaysia (BAM), Wong Choong Hann telah menempatkan Hendrawan sebagai penanggung jawab tim senior saat ini, yakni Lee Zii Jia, Soong Joo Ven, Cheam June Wei dan Lim Chong King sementara pelatih kepala Datuk Misbun Sidek dan Indra Wijaya menangani para pemain muda, yakni Leong Jun Hao, Aidil Sholeh Ali Sadikin, Ng Tze Yong, Tan Jia Wei, Lim Chi Wing dan Muhd ​​Ziyad Tah.

Di atas kertas, terlihat sulit bagi Hendrawan yang kini berusia 46 tahun, namun dia siap mengambil peran dan menikmati tantangannya.

"Saya punya tugas besar, tetapi saya harus menerima tantangan dan mencoba untuk membayar tanggung jawab BAM pada saya," kata mantan juara dunia (2001, Sevilla) dan peraih medali perak Olimpiade (2000, Sydney).

Selama empat tahun terakhir, Hendrawan berfokus pada Chong Wei.

"Setelah pengunduran diri Chong Wei, saya pikir saya hanya akan membantu Misbun sampai kontrak saya berakhir tahun depan, tetapi saya tidak berharap diberi peran yang begitu penting," ungkap Hendrawan.

Ditanya apakah dia dapat mengubah pemain peringkat 18 dunia, Zii Jia menjadi penantang medali di Olimpiade Tokyo, Hendrawan tidak berani memberikan jaminan.

“Zii Jia masih muda dan masih banyak hal yang harus Ia buktikan. Dia akan meningkat dengan pesat di tahun-tahun mendatang,” katanya.

“Kami perlu bekerja pada kekuatan mental, sikap dan tekadnya untuk tugas negara. Ada pekerjaan yang harus dilakukan. Bisakah dia memenangkan medali Olimpiade? Bukan tidak mungkin. Itu semua bermuara pada kesiapan mental ketika datang ke turnamen besar. Tidak ada jaminan namun saya akan mempersiapkannya," tambah Hendrawan.

Di putaran final Piala Thomas, Hendrawan mengatakan bahwa Ia akan mempersiapkan segala sesuatunya dengan lebih awal karena tim ini bertahun-tahun terus mengandalkan Chong Wei yang kini pensiun.

“Kami harus bersiap lebih awal. Kami membutuhkan tiga hingga empat pemain tunggal yang baik. Di masa lalu, kami terlalu mengandalkan Chong Wei di kejuaraan beregu,” tegas Hendrawan dengan yakin.

Artikel Tag: Lee Zii Jia, hendrawan, olimpiade tokyo 2020

1314  
Komentar

Terima kasih. Komentar Anda sudah disimpan dan menunggu moderasi.

Nama
Email
Komentar
160 karakter tersisa

Belum ada komentar.

Jadilah yang pertama berkomentar disini