Hendrawan Beberkan Persiapan Lee Chong Wei ke Olimpiade

Penulis: Yusuf Efendi
Rabu 09 Jan 2019, 13:00 WIB
Hendrawan Beberkan Persiapan Lee Chong Wei ke Olimpiade

Lee Chong Wei/[Foto:NST]

Berita Badminton : Pelatih tunggal putra tim nasional Malaysia asal Indonesia, Hendrawan mengakui bahwa Lee Chong Wei saat ini tengah berjuang mengejar waktu untuk mengembalikan kebugaran dan kemampuannya dengan harapan dapat lolos ke Olimpiade Tokyo 2020.

Hendrawan yang merupakan mantan juara dunia itu mengatakan bahwa dia perlu memonitor Chong Wei dengan seksama karena penyakitnya belum benar-benar dibersihkan oleh dokternya dan belum diperbolehkan berjuang keras dalam pelatihan setelah menjalani perawatan kanker hidung tahun lalu.

Pemain yang akan berusia 37 tahun itu, akan diawasi dengan ketat selama beberapa bulan ke depan sebelum periode kualifikasi Olimpiade dimulai pada bulan Mei. Setelah absen selama hampir enam bulan, mantan pemain peringkat satu dunia itu merosot 26 peringkat ke posisi 28 dunia dan diperkirakan akan merosot lebih jauh hingga ia kembali ke turnamen kompetitif.

Namun Federasi Badminton Malaysia (BAM) dengan cepat meminta Federasi Badminton Dunia (BWF) untuk melindungi peringkat Chong Wei pada bulan Agustus, sehingga ia dapat bersaing dalam turnamen World Tour level atas. Ketika permintaan perlindungan peringkat dibuat, Chong Wei berada di posisi 3 dunia.

"Peringkat dunia didasarkan pada partisipasi dan hasil turnamen. Jujur, kami tidak punya banyak waktu untuk mempersiapkan kualifikasi Olimpiade," kata Hendrawan.

"Karena itu, saya tidak terburu-buru untuk membuat rencana mendadak. Saya harus memantau Chong Wei karena dokternya sudah menyarankan dia untuk mengerahkan sekitar 30 persen selama latihan," ungkapnya.

"Untuk saat ini, saya perlu menyiapkan program latihan yang sesuai dengan kondisinya saat ini. Mungkin kami punya rencana lain dalam waktu satu bulan. Apa pun itu, saya senang bahwa Chong Wei kembali ke lapangan latihan," Hendrawan menambahkan.

Chong Wei, yang didiagnosis menderita kanker pada Juli tahun lalu, memulai latihan untuk pertama kalinya sejak hari Senin (7/1). Dia menghabiskan sekitar satu setengah jam di lapangan Akademi Bulu Tangkis Malaysia (ABM) di Bukit Kiara sebelum melanjutkan latihan di gym di lantai bawah.

Senang melihat Chong Wei kembali, Hendrawan mengakui bahwa dia bisa merasakan beberapa perbedaan dalam sentuhan sang pemain.

"Dia belum memegang raket dalam waktu yang lama dan itu benar-benar normal bahwa dia harus perlahan-lahan terbiasa dengan itu. Orang-orang seperti Chong Wei tidak akan kehilangan kemampuan mereka untuk bermain, dia hanya perlu waktu untuk terbiasa dengan bentuk permainan lamanya. Yang lebih penting adalah keinginan dan semangatnya untuk kembali," pungkas Hendrawan.

Artikel Tag: lee chong wei, hendrawan, bam, BWF

487