Hendrawan Harap Para Penggemar Tak Terlalu Membebani Lee Zii Jia

Penulis: Yusuf Efendi
Selasa 01 Sep 2020, 18:00 WIB
Hendrawan Harap Para Penggemar Tak Terlalu Membebani Lee Zii Jia

Lee Zii Jia/[Foto:SinaSports]

Berita Badminton : Para Penggemar bulu tangkis Malaysia harus menahan ekspektasi mereka ketika pemain peringkat 10 dunia, Lee Zii Jia memimpin Malaysia untuk pertama kalinya dalam kampanye kejuaraan Piala Thomas di Aarhus, Denmark, dari 3-11 Oktober.

Pelatih tunggal putra asal Indonesia, Hendrawan mengatakan bahwa pemain berusia 22 tahun itu tidak bisa dibandingkan dengan mantan pemain nomor satu dunia, Lee Chong Wei yang telah meyakinkan tim untuk meraih kemenangan di hampir setiap pertandingan sejak mengambil alih pertandingan tunggal pertama sejak edisi 2006 di Jepang.

Chong Wei meraih rekor yang mengesankan di tunggal pertama, setelah menyumbang 24 poin dari kemungkinan 27 poin hingga kejuaraan terakhir di Bangkok ketika ia membawa tim ke perempat final.

Hendrawan juga mengatakan kepada Zii Jia untuk tidak terlalu menekan dirinya sendiri dalam mengisi kekosongan yang ditinggalkan oleh Chong Wei dan fokus untuk memainkan bulu tangkis terbaiknya.

“Kami semua sadar bahwa kami tidak mungkin membandingkan Zii Jia dengan Chong Wei pada saat ini,” kata Hendrawan.

“Saya telah mengatakan kepadanya untuk bersiap-siap untuk tugas berat ke depan (sebagai tunggal pertama) meskipun memiliki banyak pengalaman turnamen tim."

“Dia tidak bermain sebagai tunggal pertama sampai Piala Sudirman (Mei tahun lalu). Setelah itu, ia memimpin tim (menjadi runner-up) di SEA Games Filipina dan Kejuaraan Beregu Asia (di Manila)," ungkapnya.

“Kali ini akan sangat berbeda karena dia akan menghadapi lawan tangguh yang tidak hanya menjadi No. 1 di negara mereka, tetapi juga di antara yang terbaik di dunia. Dia hanya perlu menampilkan performa terbaiknya dan membiarkan hasilnya berjalan dengan sendirinya," tambah Hendrawan.

Namun, Hendrawan yakin Zii Jia bisa membangkitkan semangat tim jika ia tampil kuat, apakah menang atau kalah.

“Bayangkan saja jika Zii Jia meraih kemenangan melawan tim-tim papan atas seperti Indonesia, China atau Jepang untuk memberi kami awal yang bagus,” kata Hendrawan.

“Itu akan memberi tim kepercayaan diri yang luar biasa, bahkan melebihi apa yang bisa diberikan Chong Wei karena satu poin dari dia sudah diharapkan."

“Hal yang sama tidak bisa dikatakan untuk Zii Jia dan itulah kualitas nilai tambah yang bisa dia bawa ke tim. Kemenangan, atau bahkan kalah melawan lawan yang lebih baik bisa menghasilkan udara positif untuk membuat rekan satu timnya bersemangat untuk pertandingan mereka,” Hendrawan menjelaskan.

Dengan Malaysia tergabung di Grup A yang dihuni Indonesia, Belanda dan Inggris, Zii Jia diperkirakan akan menghadapi lawan seperti peringkat 7 dunia, Anthony Ginting, 36 dunia, Mark Caljouw dan 52 dunia, Toby Penty.

Pemain terkenal lainnya yang dijadwalkan untuk bermain sebagai tunggal pertama negara mereka adalah No.1 dunia, Kento Momota (Jepang), No. 2 Chou Tien Chen (Taiwan), No. 3 Anders Antonsen (Denmark) dan No. 5 Chen Long (China ).

Zii Jia telah mengalahkan semua pemain diatas kecuali Momota dan juga Anthony Ginting.

Artikel Tag: hendrawan, Lee Zii Jia, Piala Thomas 2020

409  
Komentar

Terima kasih. Komentar Anda sudah disimpan dan menunggu moderasi.

Nama
Email
Komentar
160 karakter tersisa

Belum ada komentar.

Jadilah yang pertama berkomentar disini