Hanya Denmark Open, Turnamen Badminton Yang Tersisa Musim Ini

Penulis: Yusuf Efendi
Minggu 27 Sep 2020, 03:00 WIB
Denmark Open, Turnamen badminton BWF Yang Tersisa Musim Ini

Victor Axelsen-Anthony Sinisuka Ginting/[Foto:PBSI]

Berita Badminton : Federasi Badminton Dunia (BWF) kemarin mengumumkan melalui situs resminya bahwa tiga Tour Asia yang semula dijadwalkan digelar pada November di Bangkok, Thailand ditunda ke Januari 2021 mendatang.

Artinya hanya Denmark Open yang akan tetap ada dalam rencana World Tour Federasi Badminton Dunia tahun ini.

Situasi merebaknya wabah pandemi Covid-19 di Eropa saat ini juga membuat masyarakat khawatir apakah Denmark Open yang akan diadakan pada 13 Oktober nanti akan digelar sesuai jadwal.

Pada bulan Mei tahun ini, Federasi Badminton Dunia mengumumkan rencana ambisiusnya untuk memulai kembali acara tersebut, yang direncanakan akan menjadi tuan rumah 22 kompetisi internasional mulai bulan Agustus. Namun, karena dampak wabah tersebut, beberapa acara yang direncanakan, akhirnya dibatalkan oleh penyelenggara.

Pada akhir Agustus, BWF harus menyesuaikan rencana restart Tour, mengurangi 22 Tour menjadi 6 turnamen saja, dan restart Tour juga ditunda hingga Oktober. Namun, karena mundurnya beberapa tim kuat seperti Taiwan, Thailand, Korea Selatan dan Indonesia, Piala Thomas dan Uber akhirnya dibatalkan dari tiga kompetisi Eropa, dan dipastikan hanya digelar satu yakni Denmark Open 2020.

Ketika federasi mengumumkan keputusan ini, mereka masih menekankan perlunya mengadakan dua turnamen Super 1000 dan World Tour Finals di Asia pada bulan November. Tetapi Dewan Direksi BWF membuat keputusan baru pada Jumat (25/9), mengatur tiga leg Asia yang direncanakan akan diadakan di Thailand pada bulan Januari tahun depan. Artinya, musim 2020 akan berakhir pada Januari 2021.

“Kami akhirnya sepakat bahwa Thailand akan menjadi negara tuan rumah Tour. BWF sangat berterima kasih atas kerja sama Asosiasi Bulu Tangkis Thailand dan dukungan serta kontribusi pemerintah Thailand," kata BWF dalam sebuah pernyataan.

"Ini merupakan dimulainya kembali Tour Bulu Tangkis Internasional. BWF menekankan bahwa bekerja sama dengan Asosiasi Bulu Tangkis Thailand dan pemerintah Thailand, telah menyelesaikan studi kelayakan untuk memastikan bahwa semua pihak dapat memberikan tindakan pencegahan epidemi yang aman untuk menyelenggarakan Tiga Tour Asia," tambahnya.

Pengaturan khusus untuk ketiga kompetisi Asia tersebut adalah Asia Open I (Super 1000) akan diadakan dari 12-17 Januari 2021, dan Asian Ope.II (Super 1000) akan diadakan dari 19-24 Januari 2021 serta BWF HSBC World Tour Finals 2020 yang akan diadakan dari 27 hingga 31 Januari 2021.

Artikel Tag: Denmark, BWF, Asia

655  
Komentar

Terima kasih. Komentar Anda sudah disimpan dan menunggu moderasi.

Nama
Email
Komentar
160 karakter tersisa

Belum ada komentar.

Jadilah yang pertama berkomentar disini