Hans Vittinghus Angkat Bicara Soal Penyuap Pengaturan Skor

Penulis: Yusuf Efendi
Sabtu 17 Feb 2018, 20:30 WIB
Hans Vittinghus Angkat Bicara Soal Penyuap Pengaturan Skor

Hans Kristian Solberg Vittinghus/[Foto:AP]

Ligaolahraga.com -

Berita Badminton: Pebulutangkis tunggal putra Denmark, Hans Kristian Solberg Vittinghus, membeberkan sejumlah fakta terkait para mafia yang mendekati para pemain bulutangkis untuk berusaha menyuap agar bisa mengatur skor di sebuah pertandingan.

Pemain peringkat 19 dunia itu menolak tawaran dari seorang pria asal Malaysia untuk mengatur pertandingan pada tahun 2014 lalu. Hans juga berbicara tentang skandal pengaturan pertandingan terakhir yang melibatkan dua pemain bulutangkis profesional Malaysia awal pekan ini.

"Pada tahun 2014, saya melapor ke Federasi Badminton Dunia (BWF) melalui situs resmi mereka. Saya kemudian bertemu dengan Thomas Lund (sekretaris jenderal BWF)," kata Vittinghus.

"Saya juga memberikan laporan resmi secara tertulis dan semua percakapan yang saya lakukan dengan bandar itu. Dia orang Malaysia dan bukan pemain bulutangkis," tambah Vittinghus.

"Orang itu bekerja untuk sebuah brand terkenal dan saya tidak ingin menyebutkannya, dan posisinya di perusahaan itu memberinya kesempatan untuk pergi ke banyak turnamen terkait bulutangkis."

"Dari pemahaman saya, BWF telah memberi tahu polisi tentang insiden ini, namun saya tidak tahu apa yang terjadi dengan masalah itu. Saya mengutarakan masalah ini sudah enam bulan setelah saya melaporkan kejadian tersebut ke BWF. Jadi, seharusnya mereka punya punya banyak waktu untuk melakukan investigasi mereka."

"Saya merasa BWF telah menangani masalah ini dengan serius, namun saya tidak ingin menindaklanjuti hal ini karena saya ingin fokus pada bulutangkis dan bukan kasus pidana, namun saya bersedia menjadi saksi jika bisa membantu penyelidikan."

"Saya telah mengikuti kasus ini dengan sangat serius, dan saya yakin saya tahu siapa dua pemain itu sekarang. Saya memiliki beberapa sesi diskusi dengan BWF selama beberapa tahun terakhir hanya untuk memberi tahu mereka tentang apa yang sedang terjadi. Saya yakin BWF akan menjaga integritas olahraga sampai ke tingkat yang paling rendah."

Selain Vittinghus, pemain Denmark lainnya, Kim Astrup yang saat ini menduduki peringkat kedua nasional Denmark di nomor ganda putra bersama dengan Anders Skaarup Rasmussen, juga didekati oleh agen pada tahun 2014 lalu dan ditawarkan sekitar 3.000 euro per game atau berkisar 42 juta rupiah untuk mengatur pertandingan di Singapore Open dan Piala Thomas.

Menurut sumber, harga pasar minimum saat ini untuk mengatur sebuah pertandingan adalah sekitar 4200 Euro atau berkisar 59 juta rupiah.

Artikel Tag: Hans Vittinghus, BWF, bam

Published by Ligaolahraga.com at https://www.ligaolahraga.com/badminton/hans-vittinghus-angkat-bicara-soal-penyuap-pengaturan-skor
2370  
Komentar

Terima kasih. Komentar Anda sudah disimpan dan menunggu moderasi.

Nama
Email
Komentar
160 karakter tersisa

Belum ada komentar.

Jadilah yang pertama berkomentar disini