Gopichand Tunggu Instruksi Pemerintah India untuk Buka Akademi Bulu Tangkis

Penulis: Yusuf Efendi
Selasa 19 Mei 2020, 23:59 WIB
Gopichand Tunggu Instruksi Pemerintah India untuk Buka Akademi Bulu Tangkis

Saina Nehwal-Pullela Gopichand-PV Sindhu/[Foto:Times of India]

Berita Badminton: Pelatih kepala tim nasional India, Pullela Gopichand mengatakan bahwa ia masih menunggu instruksi yang jelas dari pemerintah terkait pelatihan reguler bagi para pemain di dua akademi bulu tangkis yang dikelola olehnya. 

Satu akademi pribadinya dan lainnya berjalan di bawah panji-panji Sports Authority of India (SAI) Gachibowli di Hyderabad.

“Dilaksanakan ketika pemerintah mengeluarkan pedoman bahwa stadion dapat dibuka kembali, itu tidak berarti akademi. Untuk akademi didefinisikan sebagai lembaga pelatihan. Karenanya, kami harus menunggu panduan yang jelas tentang kapan harus melanjutkan aktivitas kami,” kata Gopichand, dikutip dari Sportstar.

“Jadi, secara efektif, sesuai keadaan, status quo dipertahankan dan tidak ada pelatihan yang dipikirkan. Hanya ketika kami mendapatkan gambaran yang jelas tentang apa sebenarnya yang harus dan tidak boleh dilakukan sehubungan dengan dimulainya kembali pelatihan, kami akan keluar dengan rencana aksi," katanya.

“Tampaknya, kami harus sangat berhati-hati dan sangat sensitif dalam hal ini. Kesehatan dan keselamatan pemain sangat penting. Dan kami juga sangat ingin mengurus semua orang yang terlibat dalam kegiatan pelatihan seperti staf pendukung dan staf pemeliharaan di akademi yang menyangkut langkah-langkah keselamatan,” tambah Gopichand.

Sementara itu, draft Standar Prosedur Operasional (SOP) SAI telah menyarankan bahwa fase awal pelatihan dapat dalam kelompok kecil 8 sampai 10 pemain tanpa kontak, sebelum kelompok yang lebih besar dapat dipertimbangkan.

“Atlet dan staf harus menjalani pemeriksaan dasar untuk mendeteksi penyakit apa pun yang terkait. Pemeriksaan dan pengawasan harus diverifikasi oleh dokter yang bertanggung jawab di pusat SAI masing-masing,” kata SAI dalam draft SOP.

"Semua atlet yang bergabung dengan fasilitas pelatihan baru akan diuji COVID-19 untuk mencegah kemungkinan infeksi pada personil yang telah tinggal di lingkungan bebas infeksi di fasilitas pelatihan," jelasnya.

“Semua area di dalam lokasi harus didisinfeksi dengan menggunakan disinfektan yang disetujui secara klinis dan tidak ada penonton yang diizinkan berada di dalam pusat pelatihan pada waktu tertentu. Hanya atlet dan staf pelatihan yang akan hadir di venue,” draft SOP menyarankan.

Artikel Tag: Pullela Gopichand, PV Sindhu, saina nehwal, Sai Praneeth

413  
Komentar

Terima kasih. Komentar Anda sudah disimpan dan menunggu moderasi.

Nama
Email
Komentar
160 karakter tersisa

Belum ada komentar.

Jadilah yang pertama berkomentar disini