Goh Liu Ying Bangga Jadi Pembawa Bendera Malaysia di Olimpiade Tokyo

Penulis: Yusuf Efendi
Rabu 05 Mei 2021, 15:00 WIB
Goh Liu Ying Bangga Jadi Pembawa Bendera Negaranya di Olimpiade Tokyo

Goh Liu Ying-Chan Peng Soon/[Foto:Thestar]

Berita Badminton : Bintang bulu tangkis spesialis ganda campuran, Goh Liu Ying sangat senang terpilih sebagai salah satu dari dua pembawa bendera Malaysia di Olimpiade Tokyo.

Pemain berusia 31 tahun itu mengatakan dia tidak melihatnya datang dan menggambarkan penunjukan itu sebagai pengakuan besar bagi bulu tangkis dan olahraga wanita secara keseluruhan di negara ini.

“Kata-kata tidak bisa menggambarkan perasaan saya, saya sangat senang,” kata Liu Ying, yang memenangkan medali perak bersama Chan Peng Soon di Olimpiade Rio 2016.

“Saya belum pernah menjadi pembawa bendera di pertandingan multi-olahraga mana pun sebelumnya dan sekarang saya akan membawa Jalur Gemilang di Olimpiade!

“Ini harus menjadi salah satu penghargaan terbesar yang pernah diberikan kepada saya. Bulu tangkis tidak diragukan lagi merupakan salah satu olahraga yang terkenal di Malaysia," ungkapnya.

“Tapi selama ini, kami terkenal karena pebulutangkis putra kami. Jadi, saya benar-benar tidak pernah menyangka itu bisa jadi saya. Selain itu, saya belum secara resmi memenuhi syarat untuk Olimpiade Tokyo. Saya ingin berterima kasih kepada Dewan Olimpiade Malaysia (OCM) atas kesempatan sekali seumur hidup ini," tambah Liu Ying.

OCM telah mengindahkan seruan Dewan Olimpiade Internasional (IOC) untuk melepaskan diri dari tradisi dengan memilih atlet putra dan putri sebagai pembawa bendera.

Archer Khairul Anuar Mohamed, peraih medali perak di Kejuaraan Dunia 2019, akan bermitra dengan Liu Ying pada upacara pembukaan. IOC mengubah protokol tahun lalu untuk menunjukkan dukungan mereka untuk perlakuan yang sama bagi kedua jenis kelamin.

Goh Liu Ying adalah wanita kedua pembawa bendera yang diberi penghargaan setelah penyelam Pandelela Rinong di London 2012. Pemain asal Sarawak itu kemudian menjadi atlet wanita Malaysia pertama yang memenangkan medali Olimpiade saat ia meraih perunggu di nomor 10m perorangan.

Di Rio, Pandelela bekerja sama dengan Cheong Jun Hoong untuk meraih perak dalam sinkronisasi platform 10m, suatu prestasi yang ditandingi oleh Goh Liu Ying.

Artikel Tag: Goh Liu Ying, Chan Peng Soon, Olimpiade Tokyo 2021

329  
Komentar

Terima kasih. Komentar Anda sudah disimpan dan menunggu moderasi.

Nama
Email
Komentar
160 karakter tersisa

Belum ada komentar.

Jadilah yang pertama berkomentar disini