Ganda Putra Malaysia Tak Bisa Ikut World Tour Finals 2020

Penulis: Yusuf Efendi
Minggu 13 Sep 2020, 15:30 WIB
Atlet Malaysia Kecewa Gagal ke World Tour Finals

Chan Peng Soon-Goh Liu Ying/[Foto:Thestar]

Berita Badminton : Pasangan ganda campuran teratas Malaysia, Chan Peng Soon/Goh Liu Ying bisa melupakan kualifikasi ke World Tour Finals yang berhadiah total US $ 1,5 juta (RM6,23 juta) atau berkisar 22 miliar rupiah yang akan digelar pada 25-29 November mendatang.

Pasangan peringkat 7 dunia itu harus tersingkir dari perlombaan setelah memutuskan untuk melewatkan Denmark Open dari 13-18 Oktober dan Denmark Masters dari 20-25 Oktober, keduanya di Odense, karena kekhawatiran pandemi Covid-19.

Tapi sedikit yang mereka tahu bahwa keputusan itu telah membuat mereka tidak memenuhi syarat untuk kejuaraan bergengsi World Tour Finals, yang hanya akan menampilkan pemain peringkat delapan teratas di setiap sektor setelah selesainya musim World Tour reguler.

Di bawah aturan baru Federasi Badminton Dunia (BWF), pemain sekarang harus berkompetisi dalam lima turnamen World Tour yang telah direvisi untuk memenuhi syarat.

Badan dunia itu telah membatalkan peraturan komitmen pemain top mereka untuk sisa tahun 2020, tetapi telah memberlakukan syarat bahwa pemain yang lolos ke World Tour Finals harus berpartisipasi di leg Eropa dan Asia. Dua pemain asal Malaysia ini hanya berencana kembali untuk dua leg Asia yang tersisa pada November.

Liu Ying mengatakan bahwa dia hanya diberi tahu tentang kondisi yang disebutkan dalam pemberitahuan yang diterbitkan bersama dengan kalender World Tour yang disesuaikan oleh BWF pada 27 Agustus.

"Saya baru saja mengetahuinya," aku Liu Ying, 

“Tidak ada yang bisa kami lakukan sekarang. Tapi saya masih merasa bahwa tidak tepat bagi BWF untuk meminta semua pemain berkomitmen di semua turnamen yang tersisa, mengingat ketidakpastian yang sedang berlangsung," ungkapnya.

“Saya yakin semua pemain menghadapi kesulitan yang sama. Saya dapat memperkirakan lebih banyak pemain yang didiskualifikasi di sepanjang jalan,” tambah Liu Ying.

Jika bukan karena keputusan baru badan dunia itu, Peng Soon/Liu Ying, yang saat ini berada di peringkat ke-15 dalam perlombaan ke World Tour Finals, akan memiliki kesempatan untuk masuk ke delapan besar.

Pemain Badminton Malaysia lainnya yang ikut berlaga adalah Tan Kian Meng/Lai Pei Jing, Goh Soon Huat/Shevon Jemie Lai di urutan keenam dan ketujuh masing-masing di ganda campuran, Lee Zii Jia (kelima, tunggal putra), Aaron Chia/Soh Wooi Yik, Ong Yew Sin/Teo Ee Yi (ketiga dan keempat, ganda putra).

Sebuah penghargaan akan diperoleh yakni US $ 120.000 (RM503.000) atau bekisar 1,8 miliar rupiah, dan US $ 126.000 (RM529.000) atau berkisar 1,9 miliar rupiah untuk juara tunggal dan ganda.

Artikel Tag: Chan Peng Soon, Goh Liu Ying, World Tour Finals, BWF

600  
Komentar

Terima kasih. Komentar Anda sudah disimpan dan menunggu moderasi.

Nama
Email
Komentar
160 karakter tersisa

Belum ada komentar.

Jadilah yang pertama berkomentar disini