Gagal ke Olimpiade, Ganda Campuran Ini Ingin Meningkatkan Permainan

Penulis: Yusuf Efendi
Minggu 22 Mar 2020, 16:30 WIB
Gagal ke Olimpiade, Ganda Campuran Ini Ingin Meningkatkan Permainan

Goh Soon Huat-Shevon Jemie Lai/[Foto:Thestar]

Berita Badminton : Pebulutangkis spesialis ganda campuran peringkat 9 dunia, Shevon Jemie Lai telah kalah dalam perlombaan melawan waktu untuk lolos ke Olimpiade Tokyo, tetapi dia tidak akan berlarut-larut memikirkan hal itu.

Serangkaian cedera serta pandemi Covid-19 telah merampas peluang Shevon dan mitranya, Goh Soon Huat untuk mendapatkan poin peringkat berharga dalam turnamen kualifikasi Olimpiade selama satu tahun terakhir dan mengakhiri harapan mereka juga.

Mereka telah kehilangan beberapa kesempatan menyusul cedera Soon Huat tahun lalu tetapi mereka telah bekerja sangat keras untuk menempatkan harapan kualifikasi mereka kembali ke jalurnya dengan beberapa penampilan bagus tahun ini.

Tetapi sekarang, karena Covid-19, Federasi Badminton Dunia (BWF) telah menunda semua kualifikasi Olimpiade sampai akhir periode kualifikasi pada 30 April, mengakhiri harapan semua pemain yang dalam tahap pengejaran untuk lolos dalam enam minggu terakhir ini.

All England di Birmingham, yang diadakan pada minggu kedua Maret, adalah turnamen terakhir yang menawarkan poin Olimpiade tetapi sayangnya, Shevon/Soon Huat kandas di babak pembuka.

Mereka kini turun ke urutan ke-11 dalam daftar peringkat Race to Tokyo, atau empat tingkat lebih rendah dari pasangan independen, Chan Peng Soon/Goh Liu Ying.

Suatu negara hanya bisa mengirim satu pasangan jika mereka berada di peringkat 16 besar pada akhir kualifikasi, tetapi mereka bisa mengirim dua pasangan jika keduanya berada dalam posisi delapan besar Race to Tokyo.

Shevon/Soon Huat memiliki kesempatan untuk masuk delapan besar dan menjadi pasangan ganda campuran Malaysia kedua bersama dengan Peng Soon/Liu Ying untuk lolos ke Olimpiade Tokyo jika bisa memperbaiki peringkat, namun waktu jelas melawan mereka karena kali ini sudah tertutup.

“Ini menyedihkan tetapi itulah kenyataannya, kami tidak lolos ke Olimpiade berdasarkan situasi saat ini. Waktu tidak menguntungkan kami,” kata Shevon.

“Tahun lalu, kami melewatkan sedikit turnamen karena cedera Soon Huat. Kami tidak menyerah dan kembali berlomba dengan beberapa pertunjukan yang bagus. Sekarang, kami tidak memiliki turnamen lagi untuk lolos."

"Tidak apa-apa. Kami mencoba yang terbaik untuk lolos dalam situasi yang berbeda. Setidaknya, itu memberi kami kepuasan, kami sudah mencoba. Covid-19 berada di luar kendali kami. Kesehatan itu penting dan semua tindakan yang diambil adalah yang terbaik," tambah Shevon.

Shevon/Soon Huat berharap agar BWF memberi semua pemain harapan dengan memperpanjang periode kualifikasi, tetapi badan dunia memutuskan untuk tetap pada keputusan mereka.

“Keputusan telah dibuat dan kami harus melanjutkan. Ini bukan akhir dari permainan bagi kami, akan ada turnamen lain yang dinanti-nantikan begitu Covid-19 mereda. Soon Huat dan saya akan siap untuk mengambil tempat kami lagi dan berjuang untuk kehormatan bagi negara," tegas juara Singapore Open 2018 itu.

Artikel Tag: Goh Soon Huat, Shevon Jemie Lai, olimpiade tokyo 2020, Virus Corona

7145  
Komentar

Terima kasih. Komentar Anda sudah disimpan dan menunggu moderasi.

Nama
Email
Komentar
160 karakter tersisa

Belum ada komentar.

Jadilah yang pertama berkomentar disini