Final Ideal Piala Sudirman 2019 Terwujud, China vs. Jepang

Penulis: Yusuf Efendi
Minggu 26 Mei 2019, 12:30 WIB
Final Ideal Piala Sudirman 2019 Terwujud, China vs. Jepang

Li Junhui-Liu Yuchen/[Foto:AFP]

Berita Badminton : Final ideal tercipta di kejuaraan beregu campuran Piala Sudirman 2019 antara tuan rumah China yang menempati unggulan kedua, melawan unggulan teratas Jepang di Nanning Sports Center Gymnasium, pada Minggu (26/5) sore waktu setempat.

Sebelumnya di laga semifinal, kedua tim mampu tampil sangat baik, China mengalahkan Thailand dengan skor telak 3-0, sementara Jepang mengandaskan perlawanan Indonesia dengan skor akhir 3-1.

China yang berkekuatan para pemain papan atas dunia di setiap sektor, tentu saja berhasrat untuk meraih gelar ke-11 mereka dan semakin mengukuhkan dominasi Negeri Tirai Bambu itu di kejuaran bergengsi beregu campuran itu.

Di tunggal putra mereka punya pemain peringkat 2 dunia, Shi Yuqi serta peraih medali emas Olimpiade Rio 2016, Chen Long, sementara tunggal putri akan bergantung pada juara All England Open 2019 lalu, Chen Yufei.

Sektor ganda putra mereka mempunyai juara dunia 2018 yang kini berada di peringkat 3 dunia, Li Junhui/Liu Yuchen serta pasangan peringkat 7 dunia, Han Chengkai/Zhou Haodong, sementara ganda putri ada juara Asian Games 2018 yang kini berada di peringkat 3 dunia, Chen Qingchen/Jia Yifan.

Ganda campuran adalah sektor yang paling kuat karena disana ada pasangan peringkat 1 dunia, Zheng Siwei/Huang Yaqiong dan peringkat 2 dunia, Wang Yilyu/Huang Dongping.

Sementara itu, unggulan teratas Jepang tentu saja bertekad untuk meraih gelar pertama kalinya di Piala Sudirman.

Jepang akan banyak mengandalkan sektor tunggal mereka untuk meraup poin, yakni pemain tunggal putra peringkat 1 dunia, Kento Momota serta pemain tunggal putri peringkat 2 dunia, Nozomi Okuhara.

Di sektor ganda putra, Jepang mempunyai pasangan peringkat 2 dunia, Takeshi Kamura/Keigo Sonoda serta juara Asia 2019 lalu, Hiroyuki Endo/Yuta Watanabe.

Ganda putri adalah sektor yang paling kuat karena disana ada pasangan peringkat 1 dunia, Mayu Matsutomo/Wakana Nagahara, peringkat 2 dunia, Yuki Fukushima/Sayaka Hirota serta peraih medali emas Olimpiade Rio 2016, Misaki Matsutomo/Ayaka Takahashi.

Sedangkan di sektor ganda campuran, Jepang akan mengandalkan juara All England Open 2018 yang kini berada di peringkat 3 dunia, Yuta Watanabe/Arisa Higashino.

Menilik kekuatan kedua tim, akan sangat sulit untuk memprediksi siapa yang akan menjadi jawara Piala Sudirman di edisi kali ini.

Artikel Tag: Li Junhui, Liu Yuchen, kento momota, Shi Yuqi, Chen Yufei, nozomi okuhara, Piala Sudirman 2019

628  
Komentar

Terima kasih. Komentar Anda sudah disimpan dan menunggu moderasi.

Nama
Email
Komentar
160 karakter tersisa

Belum ada komentar.

Jadilah yang pertama berkomentar disini