Diincar Banyak Negara, Park Joo Bong Tetap Setia Dengan Jepang

Penulis: Yusuf Efendi
Jumat 01 Jan 2021, 13:30 WIB
Park Joo Bong Yang Masih Tetap Setia Dengan Jepang

Park Joo Bong/[Foto:Thestar]

Berita Badminton : Negara bulu tangkis yang menunggu untuk mencuri pelatih Park Joo Bong dari cengkeraman Jepang hanya bisa terus bermimpi untuk saat ini.

Legenda bulu tangkis Korea Selatan Park Joo Bong telah menerima tawaran untuk terus memimpin Negeri Sakura sebagai pelatih kepala hingga tahun 2025. Itu artinya, Park Joo Bong akan berusia 61 tahun saat tugasnya berakhir. Saat itu, dia akan memimpin tim nasional ke dua Olimpiade di Tokyo tahun ini dan di Paris pada 2024.

"Saya akan beberapa tahun lagi bersama Jepang dan saya akan melakukan yang terbaik sampai akhir," kata Joo Bong.

“Alasan terbesar keputusan saya untuk bertahan dengan tim nasional adalah karena dukungan fenomenal yang terus saya terima dari NBA (Asosiasi Bulu Tangkis Nippon)."

“Saya sangat berhutang budi pada semua yang telah mereka lakukan untuk karir kepelatihan bulu tangkis saya. Selain itu, selama bertahun-tahun, hubungan saya dengan para pemain semakin kuat, dan saya ingin memberikan segalanya kepada mereka, sehingga mereka dapat mencapai potensi penuh mereka," tambah Joo Bong.

Keputusan untuk memperpanjang kontrak dengan Joo Bong tidaklah mengejutkan. Joo-bong telah berperan penting dalam perubahan lanskap bulu tangkis di Negeri Matahari Terbit itu.

Sebelum dia muncul, Jepang dikenal sebagai salah satu tim bulu tangkis Asia yang biasa-biasa saja, dan untuk menggarisbawahi fakta itu, para pemain mereka pulang dengan yangankosong di Olimpiade Athena 2004. Faktanya, tidak ada dari mereka yang lolos dari babak awal. Park Joo Bong datang untuk menyelamatkan setelah bencana Athena, dan segalanya mulai berubah sejak saat itu.

Sekarang, 17 tahun kemudian, masih di bawah kepemimpinan Joo-bong, Kento Momota dan kawan-kawan telah memenangkan gelar di setiap level mulai dari Olimpiade, Kejuaraan Dunia, hingga Asian Games dan berbagai turnamen Open secara teratur.

Mereka bahkan pernah mengalahkan Malaysia untuk menjuarai kejuaraan Piala Thomas di New Delhi, India pada 2016. Dan pada 2018, tim Piala Uber mereka tampil sebagai juara untuk pertama kalinya dalam 37 tahun di Thailand.

Dengan Joo-bong masih memimpin, semua orang dapat berharap tim nasional Jepang tetap sebagai kekuatan dominan setidaknya dalam enam tahun ke depan.

Artikel Tag: Park Joo Bong, jepang, olimpiade

1026  
Komentar

Terima kasih. Komentar Anda sudah disimpan dan menunggu moderasi.

Nama
Email
Komentar
160 karakter tersisa

Belum ada komentar.

Jadilah yang pertama berkomentar disini